1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter :     16 Oktober 2017 10:31

    Masak instan era baru: tak perlu kompor, listrik, api, ataupun air panas

    Mi dan nasi serta sayuran dan daging bisa masak dalam 15-20 menit.

    Feed.merdeka.com - Dengan berbagai perkembangan teknologi saat ini, apapun keinginan pembeli rasanya akan segera terealisasi. Salah satu yang sudah adalah masak tanpa kompor, listrik, bahkan air panas.

    Produk ini tengah menjadi sensasi di media sosial di Singapura dan dikenal dengan mala (spicy) hotpot, demikian dikutip dari laman Straitstimes.com.

    Makanan dalam bentuk mi dan nasi insan ini hanya membutuhkan air biasa dengan suhu ruangan. Waktu untuk memasak pun tak banyak, berkisar 15-20 menit.

    Bagaimana bahan makanan itu matang tanpa kompor dan air panas? Kuncinya adalah elemen pemanas (heat pack) yang disediakan di setiap kemasan produk.

    Nah, heat pack ini akan bereaksi dan menjadi panas jika dikenai air bersuhu ruangan. Reaksi itu kemudian menimbulkan panas yang cukup untuk memanaskan semangkuk bahan-bahan mi dan nasi.

    Salah satu merek yang populer adalah Ba Shu Lan Ren, produk yang berbasis di Chengdu. Merek ini menawarkan tiga rasa, antara lain Original serta Nasi dan Daging. Baru-baru ini, produsen meluncurkan rasa baru: sup dasar Sichuan peppercorn.

    Merek mala hotpot lainnya adalah Meet From Taste (Cong Wei Yu Jian) dan Chong Qing Yu Xin.
    Biasanya, produk ini dijual secara online dan bisa dibeli di situs seperti, Qoo10 dan Shopee Singapore.

    Eve Lim (27), salah satu pemilik Joneve Trading yang menjual Ba Shu Lan Ren hotpot secara online-- mengaku membawa produk ini ke pasar Singapura pada Februari lalu. Setelah dia melihat popularitas produk ini yang tinggi di beberapa kota di Asia lainnya.

    Satu kemasan instan hotpot ini dijual mulai dari Sin$10 atau hampir Rp100 ribu. Dalam paketnya, pembeli bisa mendapatkan heat pack, nasi, mi, sayuran, dan bumbu.

    "Saya pikir ini luar biasa. Anda bisa memasak sesuatu tanpa listrik atau air panas," kata dia.

    Dia hanya membutuhkan dua hari untuk menjual secara perdana semua 600 instan hotpot yang dia bawa. (ita)


    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES