1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PAPUA


  8. Reporter :     28 September 2017 08:16

    Foto Indonesia dari satelit NASA ini bikin sedih

    Pulau Jawa tampak gemerlap. Sementara itu, Papua...

    Feed.merdeka.com - Sekilas, tak ada yang luar biasa dari foto wilayah Indonesia hasil citra satelit National Aeronautics and Space Administration (NASA) ini. Namun, jika diteliti lebih jauh, foto itu berbicara banyak mengenai Indonesia, mulai dari ketimpangan hingga pemerataan pembangunan.

    Foto tersebut dirilis NASA pada April 2017. Dari foto itu terlihat jelas dua wajah Indonesia, Jawa yang gemerlap dan gelap yang mendominasi pulau lain.

    Ya, lebih dari separuh penduduk Indonesia mendiami Pulau Jawa. Sekitar 130 juta jiwa menyesaki pulau ini, mulai dari Jakarta hingga Surabaya.

    Gemerlap di Pulau Jawa jauh lebih merata dibandingkan pulau-pulau lain/NASA

    Tidak heran jika dalam citra satelit malam hari yang dirilis NASA, Jawa adalah yang paling cemerlang disinari lampu perkotaan dan desa.

    Sebaliknya di Timur dan Kalimantan, kegelapan masih mendominasi, demikian dikutip dari laman Deutsche Welle. Bagian selatan Kalimantan didominasi oleh hutan dan perkebunan. Cahaya Kalimantan antara lain bersinar dari kota Banjarmasin (kanan bawah), Balikpapan, Samarinda dan Bontang (kanan atas). Adapun Pontianak menjadi satu-satunya kota yang bercahaya di wilayah barat (kiri atas).

    Bagaimana dengan pulau-pulau lain? Lihat saja Sumatera yang masih kalah gemerlap dibandingkan Malaysia. Pada citra ini, terlihat kota Pekanbaru, Medan, dan Padang yang cukup gemerlap.

     

    Pulau Sumatera gemerlap di kota-kota besarnya saja
    © 2017 feed.id/NASA

    Yang paling memprihatinkan dan bikin sedih adalah wilayah Papua yang tenggelam dalam kegelapan. Sedikit cahaya bisa dilihat pada kota Jayapura, Oksibil, Marauke, Timika, Sorong dan Manokwari. Uniknya kawasan yang seharusnya paling gelap, yakni puncak Jaya, justru bermandikan cahaya dari tambang Grasberg milik Freeport.

    Pulau Papua yang dilingkupi kegelapan
    NASA/NASA

    Di Sulawesi, Makassar sebenarnya adalah kota terbesar di Sulawesi. Namun justru Tanah Luwu yang terletak antara kota Palopo dan Bonebone yang paling cemerlang. Pasalnya kawasan subur ini didiami oleh lebih dari dua juta penduduk yang kebanyakan hidup dari pertanian.

    Pada citra satelit malam, kota Manado terlihat serupa mercusuar di utara Indonesia. Satu-satunya kota yang bisa menyaingi gemerlap kota yang berpenduduk setengah juta jiwa itu adalah Gorontalo (tengah) dan Ternate di Maluku Utara.

    Pekerjaan rumah pemerintah masih banyak untuk memeratakan pembangunan, termasuk listrik.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES