1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FOTO VIRAL


  8. Reporter : Yulistyo Pratomo    6 Juli 2017 08:35

    Foto ini bikin banyak orang acungkan jempol, kenapa?

    Sebuah gambaran di mana rasa kebersamaan di Indonesia begitu kental, tidak peduli siapa mereka dan berasal dari mana.

    Feed.merdeka.com - Sebuah foto yang beredar di media sosial membuat banyak orang merasa terharu dan mengancungkan jempol. Sebuah gambaran di mana rasa kebersamaan di Indonesia begitu kental, tidak peduli siapa mereka dan berasal dari mana.

    Foto ini menggambarkan seorang pemuda asal Papua dengan sukarela menggendong seorang pendaki gunung yang terluka, padahal jarak yang ditempuh sangat jauh, yakni dari puncak Gunung Slamet menuju Pos 1, dan tentunya melalui medan yang cukup terjal.

    Apalagi, untuk mencapai pos 1 harus memakan waktu sampai 10 jam lamanya. Tindakan pemuda tersebut membuat banyak orang merasa salut.

     

    Mt. Slamet, 30 Juni 2017. . Perjalanan saya kali ini bersama @nailurrobich @wahyukusumaj dan @triahardiy memiliki sebuah cerita menarik. Singkat perjalanan, kami berjuang menuju puncak dan berhasil mencapainya, dengan tetap menaati peraturan dan pertimbangan keamanan. Pada saat turun dari puncak, seorang pendaki tergelincir dan terjatuh menggelinding sehingga mengalami luka gores dan luka benturan cukup parah di kepala. Pendaki lain segera melakukan pertolongan pertama. Beberapa saat kemudian, teman teman pendaki dari Mahasiswa pecinta alam Universitas Widya Mataram Jogjakarta dan teman-temannya datang. Mereka berinisiatif untuk membawa turun korban, menuju basecamp bambangan, sekalipun sebenarnya korban berasal dari jalur pemalang. Dari berbagai pertimbangan, korban digendong menuju basecamp bambangan. Yang saya salutkan, saudara kita dari papua ini menggendong dari pos 9 hingga akhirnya tim SAR menjemput di pos 1. (Total perjalanan dari jam 11 siang sampai jam 9 malam di pos 1). Diluar penanganan tim SAR dan basecamp yang menurut saya terlambat, saya tetap menaruh respect yang setinggi-tingginya terhadap teman-teman yang sudah berjuang menolong korban. Dari perjalanan ini, kita bisa belajar menjadi manusia mulia, dari alam. . . @instapendaki @pendakiindonesia @id_pendaki @pendakikusam @urban.hikers #PNDKID #infoslamet #visitpurbalingga #instapendaki #pendakikusam #urban.hikers #kitorangbasudara #papuakeren #banglembo #yangtauignyaabanginitagaja #gasempetnanya

    Sebuah kiriman dibagikan oleh Sabang Prayogi (@sabangprayogi) pada

    Menanggapi foto tersebut, hampir semua netizen merasa salut atas tindakan pemuda Papua tersebut.

    "Respect sama kamu brooo," tulis @diego.jiwananda.

    "Salut abang papua," sahut @idzulvan.

    "Luar biasa rasa solider dari kk dia salam hormat kk," tambah @ichad_ansanay_menanti.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES