1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     30 Oktober 2017 10:30

    Sering dibilang bisa bikin bodoh, benarkah mecin berbahaya bagi tubuh?

    MSG sebagai bahan yang bisa memberikan rasa gurih memang diakui kebenarannya.

    Feed.merdeka.com - Selama ini masyarakat beranggapan bahwa monosodium glutamat (MSG) atau vetsin alias mecin berbahaya bagi tubuh. Bahkan ada anggapan orang bisa bodoh karena kebanyakan konsumsi mecin.

    Namun, sebenarnya MSG aman dikonsumsi dalam makanan sehari-hari. Berbagai mitos tentang efek samping MSG tidak memiliki bukti ilmiah yang kuat. Sehingga badan pengawasan makanan seperti US Food and Drug Administration (FDA) menggolongkan MSG sebagai bahan yang secara umum aman.

    Seperti dikutip dari BBC.com, MSG sebagai bahan yang bisa memberikan rasa gurih memang diakui kebenarannya. Akan tetapi, efek negatif dalam penggunaan MSG muncul karena ada beberapa orang memiliki alergi terhadap bahan-bahan tertentu. Seperti orang mengalami alergi terhadap bulu kucing, debu, serbuk bunga, dan sebagainya.

    Apa itu MSG?

    Monosodium glutamat adalah garam natrium dari asam glutamat. Glutamat termasuk dalam kelompok asam amino non esensial penyusun protein yang terdapat juga dalam bahan makanan lain seperti daging, susu, keju, ASI, sayuran dan sebagainya.

    Ketika ditemukan pertama kali oleh profesor kimia Jepang Kikunae Ikeda dari Universitas Tokyo pada tahun 1908, MSG adalah garam yang paling stabil yang terbentuk dari asam glutamat, dan salah satu yang terbaik dalam memberikan rasa gurih atau umami dalam bahasa Jepang.

    Umami atau gurih ini dalam perkembangannya telah diakui sebagai rasa dasar kelima selain manis, asin, asam dan pahit. Penemuan Ikeda diawali ketika dia berhasil memisahkan glutamat (sumber umami) dari rumput laut jenis kombu yang umum dibudidayakan di Jepang sebagai bahan pembuat dashi.

    Dengan menambahkan natrium, salah satu dari dua unsur dalam garam meja, memungkinkan glutamat distabilkan menjadi bubuk dan bisa ditambahkan ke dalam masakan, sehingga menghasilkan monosodium glutamat dan membuat Ikeda orang yang sangat kaya.

    Awal MSG dituduh penyebab berbagai penyakit---->> Di halaman berikutnya

     

    Awal MSG dituduh penyebab berbagai penyakit

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES