1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FAKTA UNIK


  8. Reporter :     30 Oktober 2017 07:01

    Makna rahasia di balik logo McDonald's yang Anda tidak tahu

    Setelah tahu, Anda akan melihat lengkungan emas bentuk 'M' itu dengan cara yang berbeda.

    Feed.merdeka.com - Lambang 'M' dengan warna kuning emas menjadi salah satu logo dagang dengan nilai mahal karena begitu familiar. Namun, ternyata huruf M melengkung itu tak hanya dimaknai sebagai huruf permulaan nama restoran cepat saji asal Amerika Serikat itu loh.

    Dikutip dari laman Mirror.co.uk, 27 Oktober 2017, logo 'M' lebih dari sekadar makanan lezat yang asin. Ada makna menggelitik.

    Ternyata, logo itu juga mewakili sepasang payudara seorang ibu. Bukan dalam makna yang 'nakal,' tapi lebih kepada "hal yang pertama kali memberi Anda makan ketika lahir di dunia ini."

    Ceritanya, kembali ke era 1960-an, demikian dikutip dari laman BBC. Kala itu, perusahaan yang dioperasikan Richard dan Maurice McDonald itu sedang menimbang untuk mengganti desain logo.

    Namun, konsultan desain sekaligus psikolog, Louis Cheskin, menyarankan McDonald's tidak melakukannya. Dia pun berhasil membujuk perusahaan itu untuk mempertahankan Golden Arches alias Lengkungan Emas Huruf M itu.

    Dalam terminologi Freudian, kata Cheskin, lengkungan emas itu menyimbolkan payudara ibu sebagai sumber 'makanan bergizi.' Dia juga menilai, logo itu menjadi bagian penting untuk menarik pelanggan. “Give mom a night off” merupakan slogan awal iklan restoran cepat saji itu.

    Dalam beberapa kasus, peneliti pasar memang menemukan bahwa anak-anak bisa mengenai logo sebuah brand sebelum mereka bisa mengingat nama mereka sendiri. Dan, si lengkungan emas miliki peluang besar untuk diingat.

    Ternyata, Cheskin benar. Kini, lengkungan emas McDonald's itu merupakan salah satu logo perusahaan paling dikenali.  Tahun 2016, logo lengkungan emas itu menghiasi 36.900 restoran di 100 negara. Saat ini, McDonald's merupakan salah satu jaringan restoran cepat saji terbesar di dunia. (ita)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES