1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Stella Maris    15 Oktober 2017 12:00

    Mengapa kentut kadang berbau busuk?

    Faktanya, kentut bau itu ternyata...

    Feed.merdeka.com - Mau kentut tapi malu, soalnya pasti bau. Ya kadang bau, kadang enggak. Tapi tahu enggak sih, kenapa kentut kadang mengeluarkan bau seperti telur busuk?

    Laman Thrillist menjelaskan, kalau ternyata bau enggak sedap saat kentut penyebabnya karena bakteri yang ada di saluran pencernaan. Tapi jangan keburu khawatir, soalnya bau enggak sedap itu, tak selamanya buruk kok.

    "Bau kentut itu bukan berarti buruk. Itu hanya reaksi dari apa yang kalian makan. Tapi setiap orang reaksinya berbeda-beda," jelas dr Brand, pakar gastroenterologi dari Connecticut Gastroenterology Consultants.

    Bau tak sedap itu karena karbohidrat yang dikonsumsi mengalami malabsorbsi--penyerapan nutrisi yang buruk-- dan kemudian difermentasi tubuh.

    Ironisnya, makin sehat makanan yang dimakan, bau kentut akan semakin bau. Duh!  Contohnya, ketika banyak makanan kaya serat seperti brokoli dan kol. Makanan itu bisa meningkatkan bakteri di usus dan dikeluarkan melalui gas alami, yaitu kentut.

    Juga makanan dengan komposisi sulfur tinggi seperti daging merah, susu, protein nabati. Makanan protein tinggi dapat menghasilkan gas belerang. Nah makanan-makanan tersebutlah yang ternyata bisa bikin kentut bau banget guys!

    Tapi lagi-lagi, setiap orang menghasilkan reaksi tubuh yang berbeda. Mereka yang memproduksi metana dan hidrogen sulfida tinggi dalam usus besar, cenderung mengeluarkan kentut yang bau seperti telur busuk.

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES