1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. B
  6.  » 
  7. BERITA HOAX


  8. Reporter : Yulistyo Pratomo    17 Mei 2017 18:05

    Begini asal muasal munculnya kata Hoax

    Betebarannya hoax membuat banyak orang penasaran, dari mana kata ini berasal?

    Feed.merdeka.com - Hoax begitu merajalela setiap kali pemilihan umum digelar. Kabar yang tidak jelas asal muasalnya sampai fitnah-fitnah demi menghancurkan salah satu kandidat.

    Tak hanya Indonesia, hoax juga terjadi pada pemilihan presiden di Amerika Serikat dan Prancis.

    Arti hoax dalam kamus Cambrige mengartikannya sebagai penipuan untuk tujuan melucu atau jahat. Sementara merriam-webster memaknainya untuk mengelabui seseorang dan menjadikan percaya atau menerima sesuatu yang tulus palsu dan seringkali tidak masuk akal.

    Kata hoax pertama kali muncul dan langsung populer di pertengahan hingga akhir abad ke-18. Banyak yang meyakini kata ini berasal dari hocus, potongan dari istilah pesulap hocus pocus yang berarti fokus mengelabui. Kalimat pendek ini sendiri muncul di awal abad ke-17.

    Bisa jadi kata itu berasal dari nama lain sorang pesulap saat itu bernama King James yang menyebut dirinya 'The Kings Majesties most excellent Hocus Pocus' karena setiap trik yang dilakukannya selalu menyelipkan kalimat, "hocus pocus, tontus talontus, vade celeriter jubeo". Kemudian pesulap berikutnya menggunakan kalimat "Hax pax max deus adimax".

    Frase ini bisa jadi imitasi, atau hinaan, atas kata-kata yang digunakan pendeta di Gereja Roma ketika melakukan aktivitas transubstansiasi, yakni "hoc est corpus."

    Sementara, ahli bahasa Inggris, Robert Nares menyebut hoax merupakan kalimat lain dari kata kerja hocus, yang berarti 'untuk menipu, memaksakan kehendak, atau 'sering mencampurkan minuman keras'.

    Hoax kini dikenal sebagai kebohongan, atau kalau kata Presiden Amerika Serikat 'fake news'. Ternyata, hoax tidak hanya untuk berita palsu lho, cerita urban legend, rumor sampai April Fools tak lepas dari yang namanya hoax.

    Kabar hoax ini bisa menyebabkan tujuan beragam, misalnya untuk membuat takut masyarakat dengan kisah menakutkan, atau menjatuhkan seseorang. Tetapi, apapun namanya hoax tetap sebuah kebohongan.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES