1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TIM SAR


  8. Reporter : Yulistyo Pratomo    17 Mei 2017 06:00

    Ini alasan kenapa SAR identik dengan warna oranye

    Setiap beraksi, tim SAR selalu mengenakan warna oranye alias jingga. Ternyata ada alasannya lho, baca aja di sini.

    Feed.merdeka.com - Tim pencarian dan penyelamatan, atau dikenal dengan nama SAR alias search and rescue, selalu hadir setiap ada musibah atau bencana alam. Tentu masih ingat dengan bencana tanah longsor, hingga banjir bandang di Garut beberapa waktu lalu, pria berseragam oranye selalu nampak berjibaku menyelamatkan para korban.

    Pertanyaannya kenapa sih oranye itu identik dengan warna oranye.

    Dalam buku manual SAR yang diterbitkan National Search and Rescue Committee, salah satu cara untuk mempermudah pencarian objek adalah warna. Perbedaan warna ini bisa memberikan pembeda, apalagi ketika berada di tengah laut.

    Tingkat kekontrasan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap situasi di sekitarnya, terutama pada cahaya. Apalagi setiap operasi betul-betul membutuhkan ketelitian mata dalam membedakan objek yang dicari dengan keadaan sekelilingnya.

    Dalam sebuah pencarian, mata bisa dengan selektif memilah dengan menggunakan retina tengah. Jika bukan objek yang dicari, maka benda akan dikesampingkan secara otomatis.

    Selama proses ini, putih, kuning, merah dan oranye sangat bertolak belakang dengan air. Hanya saja, kuning dan putih sulit terlihat saat terjadinya ombak sehingga membiaskan cahaya yang datang. Kondisi ini membuat merah dan oranye lebih mudah dilihat dengan mata telanjang.

    Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyatakan penggunaan warna ini berdasarkan kesepakatan internasional. Bahkan memiliki arti tersendiri.

    "Oranye itu berarti waspada atau siap. Itu kesepakatan internasional," ungkap Sutopo.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES