1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PARENTING


  8. Reporter :     29 Desember 2017 12:00

    Mengapa anak-anak doyan gigit kuku jari

    Sekitar 30-60 persen anak pernah punya kebiasaan ini. Orangtua pun khawatir.

    Feed.merdeka.com -  Tahukah Anda, sekitar 30 sampai 60 persen anak pernah memiliki kebiasaan menggigit kuku pada suatu saat dalam hidupnya. Kebiasaan ini kerap membuat orangtua khawatir.

    Menurut Catharine Mayung Sambo dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kebiasaan ini umumnya mulai tampak sekitar usia 3 sampai 6 tahun. " Tetapi kejadiannya meningkat menjelang usia remaja," jelas Catharine, seperti dikutip dari laman resmi IDAI.

    Kebanyakan anak akan menghentikan sendiri kebiasaan ini, tetapi sebagian kecil terus melakukannya hingga menginjak usia dewasa.

    Apa pemicunya?
    "Agak sulit menentukan apa yang menjadi pencetus awal mula kebiasaan menggigit kuku pada anak. Kebiasaan menggigit kuku sering kali tampak ketika anak sedang dalam keadaan stres atau cemas," kata Catharine.

    Perasaan stres atau cemas tersebut mungkin dapat terjadi dalam berbagai keadaan. Misalnya, ketika tidak mengerti suatu bagian pelajaran, membaca cerita sedih atau seram, dipaksa melakukan sesuatu yang tidak disukai, atau kesepian.

    Secara umum, kebiasaan menggigiti kuku bukan sesuatu yang mengkhawatirkan karena akan berhenti sendiri terutama bila tidak ada pemicunya. Namun, Catharine mengingatkan, si anak mungkin perlu penanganan khusus khusus apabila kebiasaan ini terjadi bersamaan dengan masalah lain. Kebiasaan menggigiti kuku dapat meningkatkan risiko perubahan susunan gigi yang disebut maloklusi, terutama pada deretan gigi bagian depan.

    Selain itu, kebiasaan menggigiti kuku yang berkepanjangan dapat menyebabkan retakan kecil pada gigi, maupun radang gusi. Apabila terjadi infeksi pada kuku akibat bakteri atau jamur, kebiasaan menggigit kuku dapat menyebarkan infeksi tersebut ke rongga mulut.

    NEXT: Cara menghentikannya

    Foto: Ilustrasi (thethaovietnam)

     

    Begini cara menghentikannya

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES