1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PARENTING


  8. Reporter :     11 Maret 2018 13:01

    Ternyata ini keuntungan bayi baru lahir mirip ayah

    Anak yang memiliki kemiripan dengan ayahnya, punya...

    Feed.merdeka.com - Ketika bayi baru lahir, salah satu yang umum dibahas oleh keluarga adalah soal kemiripan wajah. Apakah itu seperti ibu atau ayah.

    Namun, tahukah Anda, ternyata bayi baru lahir yang terlihat mirip ayah, secara signifikan lebih sehat ketika usianya menginjak satu tahun.

    Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Health Economics, bayi baru lahir mirip ayah cenderung terhindar dari risiko asma dan jarang masuk rumah sakit. Kemungkinan itu disebabkan oleh keterikatan ayah secara genetik.

    Seperti dikutip dari Daily Mail, penelitian ini didapat dari hasil analisis 456 keluarga. Mereka menganalisis selama tiga hari bayi yang baru lahir. Ada sebagian bayi memiliki kemiripan wajah dengan ayah dan sebagian tidak.

    Hasilnya, anak yang memiliki kemiripan dengan ayahnya, punya kesehatan yang lebih baik karena mendapatkan perhatian khusus.

    "Kami menemukan indikator kesehatan anak membaik saat anak itu terlihat seperti ayahnya," kata penulis studi, Profesor Solomon Polachek dari Binghamton University, New York, Amerika Serikat.

    Selain itu, kemiripan wajah mendorong ayah cenderung menginvestasikan perhatian lebih besar pada kebutuhan kesehatan anak. Kemiripan wajah juga membuat ayah semakin terikat pada buah hatinya. Dan merasa semakin bertanggung jawab pada sang bayi.

    Itu artinya perhatian ayah sangatlah penting bagi kesehatan anak. Ayah turut memberikan perawatan dan pengawasan. "Peran ayah penting dalam membesarkan anak serta bertanggung jawab atas kesehatan anak," kata Solomon.

    Penelitian ini diharapkan bisa mendorong para ayah untuk terlibat dalam mengembangkan parenting positif demi meningkatkan kesehatan anak.

    "Perlu upaya lebih keras untuk mendorong para ayah lebih aktif terlibat dalam mengasuh anak. Di antaranya dengan ikut seminar dan pelatihan," ujar dia.

    Reporter: Yasmine

    Sumber: Liputan6.com

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES