1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     29 September 2017 18:01

    Waspada tanda segitiga di bawah botol plastik!

    Bahan plastik botol yang digunakan bisa memancarkan bahan kimia yang berbahaya.

    Feed.merdeka.com - Bahaya menggunakan botol plastik untuk minum sudah menjadi rahasia umum. Kemudahan membawanya saat beraktivitas di luar menjadi salah satu alasannya.

    Namun, ada beberapa hal yang harus diketahui ketika menggunakan botol plastik. Salah satu yang menjadi perhatian adalah penggunaannya secara berulang.

    Dikutip dari laman brightside.me, saat menggunakan botol plastik di bagian bawahnya terdapat tanda segitiga dengan angka. Ternyata, tanda itu menunjukkan jenis plastik yang digunakan.

    Bahan plastik botol yang digunakan bisa memancarkan bahan kimia yang berbahaya.

    Botol berlabel 1 (PET atau PETE) hanya aman untuk penggunaan tunggal atau sekali saja. Saat terkena oksigen atau suhu tinggi, termasuk panas matahari, botol semacam itu akan mengeluarkan zat beracun yang masuk ke air.

    Kemudian ada botol berlabel 3 atau 7 (PVC dan PC). Botol tersebut sebisa mungkin harus dihindari penggunaannya. Karena, saat terkena paparan sinar yang lama akan memancarkan bahan kimia beracun yang dapat menembus makanan dan minuman.

    Bahan kimia itu bisa menyebabkan masalah kesehatan yang parah.

    Sementara untuk botol yang bisa digunakan berkali-kali atau ganda, terbuat dari polietilena dengan label 2 dan 4 serta bahan polipropilena dengan label 5 dan PP. Botol jenis ini relatif aman jika kita menyimpan air dingin di dalamnya.

    (Randi Mulyadi/dwq)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES