1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Anisha    4 Juni 2016 10:09

    Tips Agar Kue Lidah Kucing Tidak Mudah Hancur

    Ada tips tertentu bagaimana membuat kue lidah kucing tetap utuh di dalam wadah.

    Feed.merdeka.com - Hanya tinggal hitungan hari memasuki bulan Ramadhan. Tradisi menyambut bulan penuh berkah pun bermacam-macam, salah satunya membuat kue kering. Kue yang sering kita jumpai khususnya menjelang Lebaran adalah kue lidah kucing.

    Meski lezat, kue lidah kucing mudah sekali hancur. Dikatakan Dra. Ucu Sawitri yang juga seorang chef, ada tips tertentu bagaimana membuat kue lidah kucing tidak mudah hancur.

    "Biasanya lidah kucing mudah hancur diakibatkan peralatan membuat kue seperti mixer mengandung lemak. Mentega salah satu lemak yang harus dihindari," ujar chef Ucu saat ditemui dalam acara 'Sajian Lebaran Berbasis Tepung Terigu' di Kidzania, Jakarta Selatan, Jumat, 3 Juni 2016.

    Lidah kucing
    © 2016 feed.id/www.youtube.com

    Sebaiknya terlebih dahulu siapkan adonan putih telur dan jangan sampai overmix. Jika mixer sudah terlanjur digunakan untuk mentega, usahakan bersihkan lebih dulu dengan sabun cuci piring dan air panas.

    "Adonan pun jangan didiamkan terlalu lama, cetakan kue pun lihat kualitasnya. Bila kurang baik kualitasnya Anda dapat mengolesi cetakan kue dengan mentega dan tepung terigu. Jangan lupa pembakaran 160-165 derajat," tambah chef Ucu.

    Untuk semua kue kering sebaiknya jangan biarkan matang di dalam oven. Anda bisa mengeceknya dengan memegang kue sudah tidak lengket, kering di atas, matang di luar. Kue paling lama di dalam oven sekitar 20 menit.

    Baca juga:

    Cara Baru Menikmati Kolak: Pie Kolak Pisang

    Menu Baru Buka Puasa: Es Teler Berbentuk Kue, Nyam!

    Tips Unik Ajarkan Anak Puasa Hingga Magrib ala Ersa Mayori

    Pengalaman Konyol Vino G Bastian Saat Jalani Puasa

    Makanan Sahur yang Bikin Cepat Haus

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES