1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FASHION


  8. Reporter : Lia Harahap    20 Mei 2017 06:03

    Mengenang masa lampau dengan sandal Swallow

    Sedikit mengingatkan, sandal swallow diproduksi PT. Sinar Jaya Prakarsa sekitar tahun 1982. Dengan tagline 'Swallow: Lambang Sandal Bermutu'.

    Feed.merdeka.com - Anda lahir di tahun 1980-an? Pastinya tak asing dengan sandal dengan merek Swallow. Eksistensi sandal karet ini sudah turun temurun digunakan masyarakat Indonesia.

    Sandal swallow sebenarnya hanya salah satu dari sederet sendal yang cukup terkenal pada itu. Namun kehebatan sandal ini, mampu bersaing meski fashion di setiap zaman telah berulang kali berubah.

    Sedikit mengingatkan, sandal swallow diproduksi PT. Sinar Jaya Prakarsa sekitar tahun 1982. Dengan tagline 'Swallow: Lambang Sandal Bermutu' sendal ini ternyata masih cukup diminati hingga sekarang.

    Namun untuk mengimbangi perkembangan zaman, warna sandal yang diproduksi dibuat lebih beragam dan cerah. Bahkan di bagian telapak, desain yang semula polos, kini beberapa mulai diberi corak gambar atau tulisan warna.

    Sandal swallow di awal kemunculannya cukup murah, cuma dibandrol Rp 1.500. Murah sekali. Namun seiring naiknya biaya bahan baku produksi, maka harga jual mulai naik perlahan. Saat ini ada dikisaran Rp 13.000 sesuai dengan ukurannya.

    Sandal swallow cukup diminati karena simpel untuk dibawa dan rasanya tak terlalu sedih bila harus hilang. Itu sebabnya, mereka yang akan menghadiri acara dengan kerumunan ramai tak sungkan memakai sandal ini.

    Meski persaingan bisnis makin melesat, nyatanya produsen memilih tak mengubah logo juga model sandal yang buat sebagian orang sangat nyaman di kaki meski terbuka. Sandal tetap diproduksi dengan sederhana namun melagenda dan melekat di hati masyarakat.

    Soal sandal swallow, ternyata sempat bikin heboh dunia. Sebabnya, dua artis Korea ini memakai sandal tersebut. Mereka adalah Sehun EXO dan Lee Donghae.

    Sehun EXO tertangkap kamera sedang memakai sandal swallow berwarna hijau saat berada di Bandara Soekarno Hatta. Bahkan Sehun tetap memakai sandalnya ketika melakukan lawatan ke China dan Thailand.

    Beda lagi dengan Lee Donghae. Dia terlihat memakai sandal swallow saat menjalani tantangan ice bucket challenge bersama Eunhyuk akibat ditantang oleh Siwo. Warna sandal yang dipilih lebih berani dari Sehun, yakni warna ungu.

    Sejak dipakai keduanya, disebut-sebut penjualan sandal swallow di kalangan penggemar musik Korea semakin laris. Bahkan harganya bisa mencapai USD 20 (Rp 239 ribu) ketika dijual secara online.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES