1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. M
  6.  » 
  7. MANFAAT MADU


  8. Reporter : Lia Harahap    19 Mei 2017 06:05

    Jangan sampai tertipu ini cara bedakan madu palsu dan asli

    Di Indonesia, sebagian orang percaya madu punya banyak manfaat dan khasiat. Mulai dari kesehatan, kecantikan sampai pengobatan.

    Feed.merdeka.com - Madu adalah sejenis cairan kental. Madu dihasilkan dari lebah yang berada di sekitar nektar bunga. Rasanya, sangat manis.

    Di Indonesia, sebagian orang percaya madu punya banyak manfaat dan khasiat. Mulai dari kesehatan, kecantikan sampai pengobatan. Sifatnya yang alami diyakini sangat aman dikonsumsi secara rutin dengan takaran sesuai yang diinginkan.

    Beberapa orang juga menjadikan madu sebagai penikmat makanan. Dalam panganan, biasanya madu menjadi pelengkap untuk roti atau pancake. Namun banyak juga yang menggantikan campuran gula dengan madu pada jus mereka.

    Madu memiliki banyak jenisnya. Agar tak tertipu, ini cara membuktikan madu yang dikonsumsi asli dan palsu.

    1. Memasukkannya dalam air

    Madu asli tidak punya kandungan air. Jika kamu mencampurnya dengan air dan langsung tenggelam serta tak menyatu bisa dipastikan madu yang dikonsumsi asli. Madu asli tak akan mungkin melebur dalam air, kecuali setelah tak diaduk selama beberapa detik.

    2. Menuangkan di atas kertas/tissue

    Madu asli yang dituangkan pada kertas/tissue tak akan menyerap, karena memang tak memiliki kandungan air. Namun jika madu tersebut mudah menyerap, apalagi sampai menyebabkan kertas/tissue itu basah dan berlubang, dapat dipastikan madu tersebut palsu.


    3. Madu asli tak akan dikerubuti semut

    Madu asli mempunyai bau khas yang cukup menyengat. Bau ini tidak akan disukai serangga seperti semut sekalipun madu sangat manis. Itu sebabnya, jika madu yang anda simpan tak mudah dikerubuti semut bisa dipastikan asli, sebaliknya, jika madu yang ada simpan gampang dihinggapi semut, maka keasliannya diragukan.

    4. Jernih atau tidak

    Madu asli umumnya berwarna tak terlalu jernih. Bahkan terkadang terdapat seperti serbuk atau kotoran sisa bekas rumah lebah yang hancur saat proses penyaringan. Kotoran itu tidak bisa disaring dan hilang, karena sifatnya alami.

    Sedangkan madu palsu, biasanya warnanya terlihat lebih jernih. Lebih tepatnya seperti minyak goreng namun lebih kental. Kalaupun ada kotoran di dalam cairan itu, lebih mudah disaring.

    5. Mudah lengket atau tidak

    Mengetes madu asli dan tidak bisa dengan mencelupkan ujung jari ke dalamnya. Madu asli tidak akan lengket di tangan justru akan meleleh dengan sendirinya dari jari. Sebaliknya madu asli sangat lengket pada bagian jari yang dicelupkan.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES