1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Yulistyo Pratomo    18 Mei 2017 06:05

    Telan upil ternyata ada manfaatnya bagi kesehatan lho, ini alasannya

    Jorok, itu kata pertama yang muncul saat mendengar kata ini. Ternyata berdasarkan penelitian menelan upil ada manfaatnya bagi kesehatan.

    Feed.merdeka.com - Banyak orang sepakat, ngupil adalah perbuatan yang jorok. Apalagi sampai menelannya, wah jorok banget.

    Meski demikian, ngupil bukan sesuatu yang langka, anak-anak banyak yang melakukannya. Tidak sedikit pula orang-orang dewasa dengan cueknya ngupil di depan umum, atau secara diam-diam.

    Berdasarkan sebuah penelitian, setidaknya, pada faktanya kita harus menelan upil dan mengajak anak-anak melakukan hal yang sama. Ups, jorok banget. Tetapi ini ada alasannya.

    Upil memiliki susunan yang baik untuk kesehatan, dan benda 'jorok' ini sangat penting bagi perkembangan anak.

    Dalam penelitian itu ini menemukan ingus mengandung lendir saliva yang membentuk penghalang terhadap bakteri penyebab rongga, begitu laporan Kidspot. Nah, melihat hasil yang positif itu, para peneliti kini mencari cara membuat lendir sintetis menjadi sebuah permen karet atau pasta gigi.

    Apa lagi keunggulannya, ternyata ada bukti yang menyebut lendir dalam ingus bisa melindungi tubuh dari infeksi pernapasan, sakit maaf dan bahkan HIV.

    Spesialis paru-paru asal Austria, Prof Friedrich Bischinger meyakini, orang yang doyan ngupil adalah orang yang sehat, bahagia dan bahkan memiliki tubuh yang lebih baik dibandingkan lainnya.

    "Dan memakan upil memberikan anda cara terbaik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Secara medis itu masuk akal dan merupakan hal yang wajar untuk dilakukan," katanya.

    "Dalam hal sistem kekebalan tubuh, hidung merupakan filter di mana banyak bakteri dikumpulkan, dan saat campuran ini tiba di usus, dia bekerja seperti obat."

    Dia percaya semua orang harus menghapus stigma sosial soal mengupil dan mengatakan setiap orangtua setidaknya mendorong anak-anaknya untuk melakukannya.

    Tetapi ngupil juga tidak boleh sembarangan lho, dalam laporan sebelumnya dan nasihat dari dokter menyebut ngupil bisa menyebabkan pendarahan dan menambah kuman.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES