1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FOTOGRAFI


  8. Reporter :     19 Mei 2017 18:05

    Gini caranya bikin fotografi jalanan yang keren dan layak dicoba

    Street photography sangat digemari banyak anak muda. Selain dijadikan eksistensi, tidak sedikit pula yang menganggapnya hanya sekadar hobi.

    Feed.merdeka.com - Bagi beberapa orang, interaksi ruang publik sangat menarik untuk diabadikan untuk mendapatkan sebuah street fotografi. Selain memberikan momen yang sangat langka atau memang dinantikan, apalagi jika nilai yang dihasilkannya sangat tinggi membuat fotografer tersebut merasa sangat puas.

    Nah, street photography ini sangat digemari banyak anak muda. Selain untuk dijadikan eksistensi, tidak sedikit pula yang menganggapnya hanya sekadar hobi.

    Berikut beberapa tips membuat fotografi keren yang dirangkum dari berbagai sumber:

    1. Lensa pilihan

    Pemilihan lensa ini sangat penting dan menentukan hasil foto yang diburu. Pertimbangan jarang membuat banyak orang justru memilih lenza zoom tele, jika memaksakan diri untuk menggunakannya bukan tidak mungkin dianggap seperti alien ketika di zona hunting. Guna menghidari hal itu, ada baiknya memakai lensa wide-angle sebagai pilihan utama.

    Fotografi jalanan
    © 2017 feed.id/BAMM Global

    2. Pengaturan kamera

    Untuk mendapatkan hasil terbaik dalam fotografi jalanan, ada baiknya menggunakan mode Aperture Priority (A/Av) atau Shutter Priority (S/Tv). Sementara jika memakai mode Manual akan memperlambat proses mengabadikan gambar hingga membuat anda dengan cepat kehilangan momen yang ditunggu. Sedangkan mode Auto/Program (P) kadang tidak memberikan kualitas gambar baik, meski begitu mode ini lebih memudahkan ketimbang manual.

    3. Dekati Subjek

    Kebanyakan fotografer jalanan berhasil mengabadikan momen terbaik karena berada sangat dekat dengan subjek yang diincarnya. Jika itu dilakukan dapat membuat anda atau orang yang melihatnya berada di lokasi saat pemotretan terjadi, hasil ini akan lebih baik dibandingkan berdiri dari kejauhan dan mengambil foto secara diam-diam (candid).

    Fotografi jalanan
    © 2017 feed.id/Istimewa

     

    4. Sopan dan senyum

    Keraguan merupakan hal yang buruk dan wajib dihindari. Penyebab ragu ini ada beberapa macam, mulai dari takut diomeli subjek, mendapat kekerasan fisik atau ditangkap petugas keamanan. Ini bisa dihindari jika saat tiba memulainya dengan berbicara sopan dan tersenyum. Lalu memotret objek tidak penting seperti kendaraan, pohon dan lain-lain, ketika orang sudah terbiasa maka mereka akan membiarkan anda memotret.

    5. Pastikan dapat izin

    Tidak semua orang atau lokasi tertentu memberikan kebebasan untuk mengambil foto, ini harus diperhatikan betul. Jangan sampai aksi selfie kalian merugikan orang lain. Jika ingin mengabadikan seseorang, ada baiknya meminta izin langsung kepada yang bersangkutan. Sedangkan beberapa spot misalnya terowongan MRT atau mal tertentu sangat memerlukan izin dari perusahaan pengelola, cari tahu sebelum berhunting ria.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES