1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TIPS


  8. Reporter : Yulistyo Pratomo    19 Mei 2017 19:15

    Cara mudah usir semut dari Laptop

    Keberadaannya cukup mengganggu, apalagi saat mengetik mendadak seekor semut berjalan di atas kulit tangan.

    Feed.merdeka.com - Setelah buka laptop dan baru saja mau memulai pekerjaan, mendadak beberapa ekor semut keluar dari dalam keyboard. Keberadaannya cukup mengganggu, apalagi saat mengetik mendadak seekor semut berjalan di atas kulit tangan.

    Masuknya semut ke dalam laptop ternyata bukan cuma sekali, bahkan sering. Meski tidak membuat mesin rusak, tetap saja keberadaan hewan tersebut tidak bisa ditolerir.

    Keberadaan semut di dalam laptop bukan melulu berkitan dengan makanan atau minuman, bisa jadi jarak sarangnya terlalu dekat dengan barang elektronik anda. Dari beberapa penjelasan di dunia maya, ada beberapa artikel menyebut hewan ini suka dengan ruang-ruang/rongga/jeroan laptop, sebab dianggap mirip dengan sarang aslinya.

    Nah, ada lho cara termudah buat mengusir semut dari dalam laptop, tanpa bahan kimia pula.

    Sebelum berlanjut, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir semut. Mulai dari membunuh semut dengan cara menekannya hingga jadi ayam penyet, atau menyalakan laptop sampai panas hingga hewan-hewan cilik ini keluar sendiri. Sayangnya, yang terakhir ini punya risiko, semut yang masih tertinggal akan mati berikut dengan telur-telurnya.

    Dengan cara ini, setidaknya para semut itu bisa keluar dengan sukarela tanpa harus berjemur sampai kulitnya berwarna cokelat di dalam laptop. Apalagi jika jumlahnya sampai puluhan, kalau cuma 1-5 semut cukup tiup kencang pakai mulut atau pakai dust blower.

    Untuk melakukannya, sebaiknya tidak bikin semut penyet dulu, eh membunuh semut dengan tangan maksudnya. Jika itu terjadi, maka jasad semut itu akan mengundang rekan-rekannya untuk datang dan malah membangun sarang baru.

    Pastikan juga semut yang berada di dalam laptop tersebut baru beberapa hari, misalnya 1-2 hari. Dengan begitu jumlahnya belum terlalu banyak. Jika terlanjur membunuh semut dengan tangan, ada baiknya mencuci tangan sebelum kembali memegang laptop.

    Ada beberapa persiapan yang anda lakukan supaya para semut tersebut pergi dengan sukarela. Pertama, cari wadah yang bisa menampung air dan ukurannya tidak perlu lebih besar dari laptop anda. Kedua, ambil mangkok besar untuk menaruh laptop dan disarankan bukan terbuat dari plastik. Dan ketiga, sendok panjang.

    Isi air secukupnya pada wadah yang digunakan, lalu secara berurutan taruh mangkok di atasnya, dilanjutkan dengan laptop. Biarkan laptop dalam keadaan terbuka dan mati. Kemudian taruh sendok di mana antar ujungnya mengenai ujung laptop dan lantai, jangan sampai menempel pada wadahnya.

    Setelah itu biarkan selama berjam-jam. Cek laptop anda, pastikan semut-semut nakal tersebut sudah pergi.

    Kok bisa ya? Begini penjelasannya.

    Sebelum memasuki laptop, semut selalu jalan beriringan dan meninggalkan jejak bagi kawanannya jika berjalan menuju lokasi tujuan. Ketika memindahkan laptop, maka mereka harus membangun jejak lagi ke sarang aslinya. Nah, satu-satunya jalan keluar itu adalah sendok.

    Sebelum terjadi, salah satu semut yang biasa mengintai akan mondar mandir di sekitar keyboard. Ketika dinilai laptop tempat tinggal barunya sudah tidak aman, maka mereka akan memberitahu rekan-rekannya untuk segera meninggalkan laptop tersebut.

    Namun, cara ini juga membutuhkan kesabaran, sebab perpindahan semut sama dengan kedatangannya saat mulai bersarang di laptop anda. Tidak menutup kemungkinan prosesnya akan berlangsung selama 24 jam.

    Kalau semutnya sampai ratusan? Nah kalau ini sudah agak sulit. Cara termudah bungkus laptop dengan plastik besar dan masukkan kamper ke dalamnya. Baunya membuat semut tidak tahan dan langsung keluar. Jika sudah, baru bawa ke ahli reparasi laptop.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES