1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TIPS


  8. Reporter :     3 April 2018 10:30

    5 Langkah ini ampuh tumpas bintil putih di wajah

    Keluhan ini biasanya muncul pada kulit wajah sehingga bisa mengganggu penampilan Anda.

    Feed.merdeka.com - Selain jerawat, ada beberapa masalah yang muncul di kulit. Salah satunya adalah bintil-bintil putih. Kondisi ini umumnya terjadi pada bayi tetapi juga banyak dialami oleh orang dewasa. Sering dikira jerawat, padahal berbeda. 

    Penyakit ini dinamakan milia. Keluhan ini biasanya muncul pada kulit wajah sehingga bisa mengganggu penampilan Anda. Bintil putih itu sering muncul di sekitar hidung, pipi atas atau bawah mata, dan dagu.

    Dilansir dari Health Line, sebuah kelompok riset medis di Rochester, Minnesota, mengungkapkan bahwa bintil putih di kulit ini muncul saat serpihan kulit mati terjebak di bawah permukaan kulit.

    Biasanya bintil akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Namun, ada beberapa cara mudah untuk menghilangkan milia dari kulit lebih cepat. Berikut 5 langkah yang bisa Anda lakukan di rumah. Tetapi ingat, tips ini hanya diperuntukkan bagi remaja dan orang dewasa, bukan untuk bayi.

    1. Rutin bersihkan wajah

    Pastikan untuk mencuci muka dengan sabun atau pembersih wajah tanpa kandungan paraben setiap hari. Menurut Live Strong, produk pembersih yang mengandung asam salisilat, asam sitrat, dan asam glikolat dapat membantu mengatasi kondisi kulit apapun akibat pertumbuhan sel-sel kulit berlebihan.

    Kandungan itu juga membantu menarik kotoran yang terjebak di pori-pori, sehingga bintik putih kecil di kulit menjadi mengecil dan akhirnya cepat hilang.

    Cara membersihkan kulit juga perlu diperhatikan. Oleskan pembersih wajah pada kulit, kemudian pijit lembut dan bilas dengan air bersih. Setelah itu, tepuk pelan kulit supaya kering untuk membantu menjaga kelembapan kulit.

    Selanjutnya berendam dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit, termasuk kulit wajah. Ini akan membantu melepaskan serpihan kulit mati atau kotoran lainnya yang terjebak di bawah permukaan kulit.

    Biarkan tubuh rileks selama 5 sampai 8 menit, kemudian bilas dengan air untuk membersihkan sisa kotoran atau kulit mati yang telah dikeluarkan.

    2. Eksfoliasi wajah

    Ini adalah teknik perawatan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Teknik ini bisa membantu kulit bebas dari iritan yang menyebabkan milia. Salah satunya menjaga agar keratin di kulit tidak dihasilkan secara berlebihan. Tak perlu repot pergi di salon, lakukan saja di rumah.

    Siapkan bahan-bahan eksfoliasi ringan, seperti scrub gula atau campuran gula merah dengan minyak zaitun. Terapkan hanya pada area wajah yang terdapat milia atau bisa juga seluruh permukaan wajah.

    Basahi kulit wajah dengan air lalu oleskan sedikit scrub dan gosok secara perlahan selama 20 sampai 30 detik. Bilas dengan air dingin dengan bersih. Ulangi setidaknya tiga kali dalam seminggu sampai milia hilang.

    Foto: beautyhealthtips.in

     

    Tips ampuh hilangkan bintil putih di wajah

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES