1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KECANTIKAN


  8. Reporter : Lia Harahap    20 Mei 2017 07:05

    Malu siku kusam, bahan rumahan ini bisa bantu mencerahkan

    Siku bagian tubuh yang sering kali terabaikan. Hampir tak pernah terdengar seseorang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk merawat siku.

    Feed.merdeka.com - Siku adalah bagian tubuh yang sering kali terabaikan. Hampir tak pernah terdengar ada seseorang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk merawat siku mereka. Lain halnya dengan wajah ataupun anggota tubuh lainnya.

    Padahal, siku yang kurang dirawat justru menimbulkan warna kusam. Selain itu, banyaknya kulit melipat di bagian siku seharusnya membutuhkan proses pembersihan yang ekstra. Penyebab lainnya, kelenjar di daerah siku sangat sedikit, hal ini membuat kulit sangat kering.

    Bagi kaum hawa, siku kusam jelas mengganggu penampilan mereka. Apalagi buat yang gemar mengenakan baju dengan lengan di atas siku.

    Namun bahan alami dan mudah didapat di rumah diyakin dapat membantu mencerahkan siku Anda

    1. Minyak kelapa

    Jangan berpikir minyak kelapa yang ada di dapur anda hanya bisa dipakai untuk menggoreng. Sebab ternyata, minyak kelapa mampu membantu mencerahkan kulit siku yang kusam.

    Caranya, ambil sedikit minyak kelapa kemudian oleskan dan pijat selama beberapa saat. Setelah itu diamkan beberapa saat baru kemudian dibilas. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kegiatan ini bisa diulang di waktu senggang anda utamanya malam hari. Semakin sering bagian kulit sikut yang kering terkena olesan minyak, maka kulit akan mendapatkan nutrisi dan sel-sel mati akan hilang dan cerah kembali.


    2. Bubuk kunyit

    Bahan alami lainnya yang bisa dipakai untuk mencerahkan kulit siku dengan memakai bubuk kunyit. Caranya, ambil satu sendok teh kunyit bubuk, satu sendok teh susu bubuk, satu sendok teh gliserin dan satu sendok teh garam halus.

    Kemudian campurkan semua bahan alami itu menjadi satu, tambahkan air, aduk dan buat agak mengental. Setelah itu, oleskan ke siku anda selama dan biarkan lebih kurang 10 menit dan jangan sampai terlalu mengering agar tak menarik kelembapan dari kulit. Setelah itu bilas dan minyak siku anda sambil diolesi sedikit minyak kelapa.

    3. Baking soda dan campuran lemon

    Bahan alami lainnya yang bisa Anda coba semisal menggunakan baking soda dan perasan jeruk lemon. Aduk baking soda yang sudah diberi perasan jeruk lemon agar tercampur rata dan buat sedikit mengental. Kemudian gosokkan ke siku dengan gerakan melingkar.

    Campuran dua bahan alami ini diyakin akan menghilangkan sel-sel mati hingga ke lapisan dalam kulit. Untuk hasil yang lebih efektif, perawatan alami ini bisa dilakukan dua kali dalam sepekan.


    4. Campuran yogurt dan cuka

    Anda juga bisa menggunakan yogurt tanpa rasa sebanyak dua sendok kemudian mencampurkannya dengan satu sendok teh cuka. Aduh hingga merata, kemudian oleskan pada siku Anda.

    Setelah beberapa saat, bilas dengan air hangat hingga bersih, kemudian oleskan minyak kelapa untuk melembapkan. Penggunaan yogurt dan cuka bertujuan menjaga kelembapan kulit dan sela di dalamnya.

    Bahan alami ini bisa anda simpan di kulkas untuk digunakan kembali. Penggunaan rutin akan menghasilkan siku yang cerah dan lembut

    5. Campuran gula, garam, dan minyak zaitun

    Tiga bahan ini pasti ada di rumah kita. Campur ketiganya dengan takaran 1 sendok teh kemudian aduk hingga rata. Nantinya campuran bahan-bahan itu akan menjadi scrub.

    Oleskan ke siku anda dan buat gerakan melingkar selama 10 menit. Kegiatan ini bisa diulangi sebanyak tiga kali dalam sepekan agar hasilnya lebih cepat dirasakan. Gula dan garam membantu menghilangkan sel-sel mati, sementara minyak zaitun akan melembapkan kulit dan meningkatkan produksi sel baru.

    6. Kulit buah segar

    Cara lain yang bisa dicoba dengan menggunakan kulit buah. Jika anda makan pisang, mangga, semangka atau pepaya, jangan langsung buang kulitnya.

    Gosokkan ke siku anda dengan membuat gerakan melingkar. Kulit buah kaya akan antioksida sehingga membantu pengkondisian memulihkan kesehatan kulit siku anda. Lakukan setiap kali Anda makan buah. Antioksidan mengais radikal bebas yang ada pada kulit, sehingga mengurangi kerusakan kulit.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES