1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TEKNOLOGI


  8. Reporter : Zika    22 April 2015 12:05

    Kenali Baik-Baik, Ini Dia Para Penjahat Dunia Maya

    Mereka melakukan kejahatan tepat di depan Anda namun Anda tidak menyadarinya.

    Feed - Berkembangnya teknologi berjalan seiringan dengan perkembangan kejahatan dunia maya (cyber crime). Ada banyak jenis pelaku dan kejahatan yang dilakukannya. Ironisnya, mereka melakukan ini semua tepat di depan Anda namun Anda tidak menyadarinya. Anda yang menjadi korbannya baru merasakan dampak ketika semua privasi Anda terbuka lebar ke ranah netizen bahkan sampai merugikan secara materi.

    Maka itu mulai sekarang mulailah peka dengan para penjahat dunia maya. Kenali mereka dan modus operasinya seperti dikutip dari situs about.tech.com agar Anda tidak menjadi korban berikutnya.

    via appistan.pk

    Zombie Master
    Zombie dalam ungkapan ini nyaris sama artinya dengan zombie dalam kisah fiksi. Di mana Anda sudah mati namun masih bisa bergerak untuk memakan sesama manusia. Zombie master melakukan ini pada Anda dengan cara mengambil alih komputer Anda dan menggerakkannya untuk kepentingan dirinya sendiri.

    Anda bisa mengenyahkan zombie ini dari komputer Anda dengan cara rajin men-scan dengan anti-virus versi terbaru. Jika anti-virus Anda gagal menemukannya, Anda bisa mencari pertolongan lewat buku macam Degunking Windows. Meski demikian, cara terbaik adalah dengan pencegahan. Rajin-rajinlah meng-update anti-virus di komputer pribadi Anda.

    Clickjacker
    Ini adalah sebutan untuk para programer anti-sosial yang dengan sengaja menaruh tombol tidak terlihat di halaman web. Dengan demikian korbannya tidak sadar jika sudah meng-klik sesuatu yang bisa mengubah aturan privasi di Facebook, Twitter, atau bahkan web-cam pribadinya. Tiba-tiba, tanpa disadari korbannya, foto-foto di-Facebook mereka sudah bisa dilihat siapa pun di dunia maya. Atau web-cam yang terpasang di komputer di kamar, menyala dan menangkap momen pribadi para pemiliknya.

    via www.v8-web.com

    Penguntit cyber
    Penguntit macam ini nyaris sama dengan penguntit di dunia nyata. Hanya saja bedanya ia bisa mengekspresikan semua obsesinya pada Anda dengan cara memposting foto dan komentar yang bisa dilihat orang banyak.

    Pisherman
    Kata ini berasal gabungan dari 'phony' (palsu) dan 'fishing' (memancing) hingga disebut pishing dan pelakuknya disebut pisherman. Modusnya berupa menciptakan email dan website palsu untuk dimasuki korbannya yang tanpa sadar malah memberikan akses ke semua akun pribadi miliknya, termasuk rekening bank. Cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan menumbuhkan sikap skeptis dalam diri Anda ketika semua email godaan ini muncul. Jangan langsung percaya dengan apa yang tertulis karena bisa menyebabkan Anda tertipu habis-habisan.

    Spammer
    Pelaku spam akan menjejali email Anda dengan iklan tidak jelas yang berasal dari alamat yang tidak jelas pula. Mereka akan menggoda korbannya untuk mengunjungi halaman iklan yang ternyata berujung pada pishing.

    via www.rediff.com

    Hoaxer
    Pelaku hoax merupakan pihak yang sengaja mengarang cerita secara berlebih untuk menarik perhatian pembacanya. Jangan mudah percaya dengan cerita-cerita aneh yang tersebar di dunia maya. Sebab, biasanya hoax ini akan meminta Anda untuk membagi cerita tersebut ke teman-teman Anda. Akibatnya, Anda-lah yang akan mengalami malu karena cerita itu hanyalah khayalan belaka.

    Troll
    Troll merupakan nama sejenis raksasa dalam cerita-cerita rakyat di negara Skandinavia. Nama ini kemudian digunakan untuk pelaku kejahatan yang gemar memancing kemarahan dan emosi lainnya ke dunia maya. Mereka akan membuat perdebatan komentar makin memanas dan mendapat kepuasan akannya.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES