1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. I
  6.  » 
  7. INSPIRATIF


  8. Reporter : Zika    21 April 2015 13:56

    Cara Cegah Tikus Merusak Makanan di Dapur

    Jangan salahkan tikus yang mencoba menyabung hidup. Melainkan Anda yang harus lebih waspada.

    Feed - Rasa kesal dan jijik membuncah ketika Anda membuka makanan yang sudah dilahap tikus di ruang penyimpanan di dapur. Seharusnya makanan nikmat itu menjadi sumber energi Anda. Tapi apa daya, bekas gigitan tikus membuat Anda harus membuang semua makanan tersebut.

    Masalah ini bukan dialami oleh Anda seorang. Tikus, serangga, dan semut memang tergoda dengan sumber makanan yang Anda miliki. Jangan salahkan mereka yang mencoba menyabung hidup. Melainkan Anda yang harus lebih waspada dalam menjaga keamanan makanan dengan cara berikut.

    via www.besthomecareservices.com

    1. Peka terhadap aroma
    Kenali dulu aroma kuat yang keluar dari dapur Anda. Usahakan agar aroma itu tidak keluar dari area dapur sehingga hewan macam tikus dan serangga tidak bisa mengendusnya. Atau Anda bisa menggunakan pewangi buatan yang aromanya yang tidak mereka sukai. Pilih satu dari dua cara tersebut atau Anda bisa memadukannya agar terhindar dari serangan hama di dapur.

    2. Lokasi penyimpanan makanan
    Anda juga harus mempertimbangkan lokasi penyimpanan makanan. Lokasi yang berada di bagian bawah akan mudah dijangkau tikus dan serangga.

    3. Buang makanan yang sudah disentuh hama
    Perhatikan barang-barang di dapur Anda. Apakah ada kemasan makanan yang sudah digigit tikus atau serangga? Jika iya, segera buang! Makanan yang sudah dijamah hama kemungkinan besar masih mengandung hama yang bisa menyebar ke dapur Anda.

    via www.bobvila.com

    4. Periksa lubang mencurigakan
    Setelah membuang semua panganan yang sudah dijamah hama, periksa lemari makanan. Lihat apakah ada lubang di sekitarnya yang memungkinkan tikus dan serangga untuk masuk.

    5. Bersihkan lemari makanan
    Setelah pemeriksaan selesai Anda lakukan, segera bersihkan rak makanan dengan disinfektan. Pastikan juga tidak ada kacang, gandum, tepung, atau gula yang berceceran.

    6. Rajin buang sampah
    Coba ingat-ingat kapan terakhir kali Anda membuang sampah yang menumpuk di tempatnya? Ini bisa menjadi magnet menarik bagi tikus dan serangga. Maka itu rajin-rajinlah membuang sampah, jangan pernah menundanya.

    via www.telegraph.co.uk

    7. Simpan makanan di container anti-udara
    Seperti sudah disebutkan sebelumnya, cegah aroma makanan keluar dari dapur Anda. Maka itu simpanlah makanan ke dalam toples anti-udara seperti container yang terbuat dari plastik atau kaca. Tabung kaca lebih baik karena tidak bisa dikunyah oleh hewan pengerat macam tikus.

    8. Jangan simpan di lantai
    Tempatkan semua toples makanan Anda di lemari bagian atas. Usahakan tinggi dari tanah minimal 45 sentimeter.

    9. Pasang perangkap
    Sebagai tindak pencegahan ada baiknya Anda memasang perangkap anti-tikus.

    Baca juga: Melihat Kepribadian dari Bentuk Kuku

    Gila, Wanita Ini Jual Keperawanan dengan Harga Selangit

    Ini Bukti Kalau Bumi Makin Menderita

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES