1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Indra    22 April 2015 13:04

    Stop Kebiasaan Ini Jika Ingin Bumi Berumur Panjang

    Bumi yang kita huni semakin jauh dari kata normal.

    Feed - Sadar atau tidak,  udara terasa semakin panas dan banyak hewan yang tewas karena perubahan iklim. Parahnya, sedikit manusia yang peduli tentang umur bumi. Banyak kebiasaan mereka yang tanpa disadari membuat bumi semakin menderita.

    1. Penggunaan kertas

    via ciputraentrepreneurship.com

    Kertas jadi salah satu benda yang punya umur paling singkat. Contoh sederhananya yakni struk belanja atau kertas tol. Dalam hitungan detik, kertas yang berukuran tidak lebih dari lima sentimeter itu sudah beterbangan di mana-mana. Seperti yang kita tahu, bahan dasar kertas adalah kayu. Semakin boros kita menggunakan kertas, makan semakin pendek umur pohon-pohon di hutan.

    2. Membakar plastik

    via knowledge.allianz.com

    Sampah yang dibakar akan memicu timbulnya gas berbahaya seperti gas karbon monoksida (CO), nitrogen oksida (NOx), sulfur dioksida (SO2), dioksin, dan furan. Dioksin jadi zat yang paling berbahaya dalam kandungan gas sisa pembakaran plastik. Karena sifatnya mengandung karsinogen, zat itu bisa jadi penyebab penyakit kanker.

    3. Menebang hutan

    via gapyear.com

    Dari laporan WWF, setengah dari pohon-pohon di hutan secara ilegal ditebang untuk penggunaan bahan bakar. Akibatnya, perubahan iklim pun terjadi. Jumlah karbon yang tersimpan dalam pohon berkurang, dan karbon dioksida dilepas ke udara dengan cuma-cuma. Menurut catatan Global Forest Resources Assessment pada tahun 2010, hampir satu miliar ton karbon mengudara ke atmosfer per tahun.

    4. Penggunaan AC

    via ciricara.com

    AC bisa menyejukan ruangan, tapi bisa membuat bumi menderita. Freon atau CFC pada AC merupakan penyebab global warming yang menyebabkan perubahan di lingkungan hidup, mulai dari meningkatnya suhu muka bumi sampai mencairnya es di kutub.

    Baca juga: Cara Mengerikan Akhiri Umat Manusia

    Ini Bukti Kalau Bumi Mulai Menderita

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES