1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TEKNOLOGI


  8. Reporter :     9 November 2017 17:00

    Jangan klik fitur 'baru' multicolor Whatsapp. Itu penipuan!

    Apa yang harus Anda lakukan ketika menerima pesan berantai ini?

    Feed.merdeka.com - Apakah akhir-akhir ini Anda sering menerima broadcast pesan multicolor Whatsapp atau Whatsapp colors? Seolah-olah fitur baru Whatsapp, ternyata itu hanyalah scam alias penipuan.

    Pesan broadcast itu berisi tawaran untuk membuat aplikasi Whatsapp lebih berwarna. Dikutip dari laman Express.co.uk, salah satu bunyi pesan berantai itu adalah:
    You can now activate the new multicolor Whatsapp! Click here to activate!

    Pesan berantai ini disertai dengan url yang sudah dipendekkan, seperti  http://x.co/6lsC9 atau http://go2l.ink/1m2n. Jika url itu diklik, Anda akan diarahkan ke url lain, yakni http://wp8.link/color/.

    Tampilan ketika Anda mengklik url untuk Whatsapp multiwarna
    © 2017 feed.id/Express


    Pengguna Whatsapp di seluruh penjuru dunia diimbau untuk tidak mengklik url itu. Pesan berantai itu juga beredar di pengguna Whatsapp Indonesia.

    Begitu mengklik, Anda akan diminta untuk membagikannya ke 12 teman. Setelah itu, pengguna akan diberi tahu bahwa multicolor Whatsapp hanya bisa digunakan di desktop. Dan, untuk membuat fitur itu bekerja, pengguna kemudian diminta untuk meng-install ekstensi bernama BlackWhats dari Chrome Web Store.

    Dari situlah 'penderitaan' pengguna akan dimulai. Karena, itu palsu. Alih-alih Whatsapp multiwarna, pengguna malah memasang perangkat iklan--demikian juga 12 teman yang Anda share tadi.

    NEXT: Hoaks lain seputar Whastapp

    Hoaks: Whatsapp berbayar

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES