1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FACEBOOK


  8. Reporter : Ita Malau    1 April 2018 08:02

    Ini 7 alasan psikologis mengapa Anda sulit hapus akun di Facebook

    Mau ikut-ikutan #Deletefacebook? Yakin bisa?

    Feed.merdeka.com - Facebook kembali diterpa kontroversi dan kali ini cukup fatal. Dikabarkan, data 50 pengguna Facebook bocor ke pihak ketiga.

    Skandal terakhir ini diikuti gerakan menghapus akun Facebook yang disuarakan, salah satunya, oleh Brian Acton. "It is time. #deletefacebook," begitu cuitan founder Whatsapp itu di Twitter. 

    Baca juga: 

    Dikabarkan data 50 juta pengguna bocor, Facebook siap turun tangan

    5 Fakta mengejutkan dari kebocoran data pengguna Facebook, termasuk rugi triliunan

    Namun, apakah semudah itu bagi orang untuk menghapus akun mereka di Facebook? Ternyata tidak, demikian dikutip dari theconversation.com via Science Alert, 29 Maret 2018.

    Secara psikologi, banyak orang yang bergantung dan terpikat pada media sosial meski sadar ada dampak buruk yang akan ditimbulkan pada titik tertentu. Mengapa demikian?

    Sejumlah pakar menulis 7 alasan psikologis untuk menjawab pertanyaan di atas. Mereka adalah Shyam Sundar, Bingjie Liu, Carlina DiRusso, dan Michael Krieger.

    Beberapa dekade penelitian terungkap bahwa hubungan manusia dengan media--termasuk film, televisi, atau radio--adalah simbiosis: orang menyukainya karena mendapatkan sesuatu dari media itu. Misalnya, tempat pelarian, rileksasi, dan 'teman'.

    Namun dengan media online, pengguna menyerahkan data mereka ke perusahaan pengelola sehingga perusahaan menyajikan apa yang paling memuaskan bagi pengguna.

    Pemilik platform menambang pola perilaku untuk menyesuaikan sesuatu kebutuhan psikologi penggunanya.

    Selain menyediakan konten untuk dikonsumsi pengguna, media sosial--seperti Facebook, Twitter, Google--juga memberi kemungkinan baru untuk berinteraksi di platform masing-masing dan pada akhirnya lagi-lagi untuk memuaskan kebutuhan psikologis pengguna.

    Beberapa fasilitas interaktif di Facebook menyediakan cara simpel untuk menyuarakan pikiran kita, mempromosikan foto-foto kita, menjaga hubungan dengan orang lain, hingga mendapatkan pengakuan dari luar.

    Nah, dari latar belakang itu, Anda sudah bisa membaca mengapa sebagian orang sulit menghapus akun mereka di Facebook. Berikut 7 alasan psikologis dan penjelasan yang dikemukan para penulis di atas. 

    NEXT: Imej dan presentasi diri

    Imej dan presentasi diri

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES