1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Lia Harahap    24 Mei 2017 05:51

    Bahaya ini membayangi mereka terlalu sering pakai earphone

    Meski membuat nyaman, earphone bisa memberikan dampak negatif jika digunakan secara berlebihan. Khususnya untuk kesehatan anda.

    Feed.merdeka.com - Benda kecil ini seolah menjadi barang yang wajib dibawa ke mana pun pergi. Earphone, membuat mereka menjalankan aktivitas lebih gembira sambil mendengarkan musik sampai menonton video lewat ponsel pintar, laptop hingga komputer anda.

    Mayoritas seseorang menggunakan earphone lebih dari satu jam dalam sehari. Meski membuat anda nyaman, alat tersebut juga bisa memberikan dampak negatif jika digunakan secara berlebihan. Khususnya untuk kesehatan anda.

    Enggak percaya? Health Site menjelaskan efek buruk yang membahayakan seseorang bila menggunakan earphone secara berlebihan. Apa saja dampaknya:

    1. Gangguan pendengaran

    Suara yang keluar dari earphone akan langsung pada gendang telinga manusia. Itu sebabnya, suara yang dikeluarkan tidak boleh melebihi 90 desibel (satuan untuk mengukur intensitas suara).

    Jika sampai pada batas itu, berpotensi merusak gendang telinga yang berujung pada kerusakan pendengaran.

    Menurut aturan kesehatan, penggunaan earphone tak boleh lebih dari 15 menit. Jika ingin lebih lama, berilah jeda setiap 15 menit anda memakai earphone kemudian dilanjutkan kembali dan ulangi. Tujuannya, agar telinga anda istirahat.

    2. Sebabkan infeksi telinga

    Jika anda suka menggunakan earphone secara bergantian, baik dengan teman atau keluarga, maka mulai saat ini hal itu tidak boleh lagi dilakukan. Tukang menukar earphone sangat tidak higienis dan tidak sehat untuk telinga anda.

    Dampak terburuknya, penggunaan earphone secara bergantian menyebabkan infeksi. Sebab bakteri pada telinga seseorang akab berpindah pada anda.

    3. Menyumbat udara ke telinga

    Banyak perusahaan memproduksi earphone dengan desain terbaik hingga suaranya terdengar keluar telinga. Sekilas terdengar keren, tapi di balik itu ada bahaya besar untuk kesehatan anda.

    Penggunaan earphone yang terlalu kecil dan benar-benar menutupi telinga akan menyumbat saluran udara ke telinga. Hal ini dapat menyebabkan infeksi telinga, penimbunan lendir telinga, yang terburuk anda kehilangan pendengaran.

    4. Sakit telinga

    Sejumlah studi menjelaskan orang yang sering menggunakan earphone atau headphone cenderung lebih sering mengalami rasa sakit di telinga mereka. Sebab buruk lainnya dari penggunaan earphone berlebihan menyebabkan suara bising di telinga terdengar mendengung, bahkan menyebabkan telinga seperti mati rasa.

    5. Membahayakan otak manusia

    Penggunaan earphone dan headphone dalam waktu yang cukup lama bisa menimbulkan gelombang elektromagnetik yang berbahaya bagi otak manusia. Meski tidak ada penelitian yang bisa membuktikan efek pasti earphone dan headphone ke otak, namun sejumlah studi meyakini orang yang terlalu sering menggunakan earphone dan headphone lebih rentan terhadap masalah dengan otak mereka.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES