1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. B
  6.  » 
  7. BRIMOB


  8. Reporter : Yulistyo Pratomo    24 Mei 2017 07:11

    Tak kalah dengan SWAT, ini kemampuan tembak Brimob yang dipuji dunia

    Mereka tidak kalah dengan SWAT, bahkan bisa menembak sambil membelakangi sasaran.

    Feed.merdeka.com - Siapa yang tidak kenal dengan tim SWAT, kehebatan pasukan elite kepolisian Amerika Serikat ini sudah mendunia. Tim inilah yang ditempatkan pada garis depan saat adanya ancaman bersenjata, atau membasmi aksi terorisme. Sudah ratusan misi berhasil diselesaikan dengan gemilang, tak heran jika SWAT dijadikan contoh bagi negara-negara lain.

    Tak usah berlama-lama kagum dengan SWAT, Indonesia punya lho pasukan yang tak kalah hebat dan memiliki kemampuan yang mendunia lho. Pasukan ini bernama Brigade Mobile atau Brimob, korps elite Kepolisian Republik Indonesia. Berbagai misi sudah dijalankan dengan baik, mulai dari perang kemerdekaan, penumpasan pemberontakan hingga pertempuran di Timor Leste.

    Sebagai pasukan khusus, laiknya TNI, Brimob juga sangat ketat menyeleksi calon-calon anggotanya. Mereka yang terpilih benar-benar memiliki kompetensi dan kemampuan di atas rata-rata. Ada yang menyebut proses rekrutmennya lebih ganas dibandingkan saat pertama kali masuk ke kepolisian.

    Proses seleksi ini sangat penting, karena Brimob memiliki tugas yang sangat vital, yakni sebagai pengamanan kota, tokoh-tokoh penting sampai menghadapi huru-hara. Seluruh tahapan tidak bisa dilalui dengan mudah sebelum dianggap layak untuk mengenakan baret biru khas Brimob.

    Brimob
    © 2017 feed.id/Istimewa

    Ada berbagai senjata taktis yang dipakai oleh korps ini, Mulai dari Karabin M4 buatan Amerika Serikat, SS-1 serta AK-101 yang merupakan generasi dari AK-47. Ada pula Steyr AUG buatan Austria.

    Dengan kelebihan itu, maka kualifikasi Brimob berbeda dari polisi biasa. Mereka ditempa untuk menghadapi misi lebih besar. Selain antiteror, mereka dibekali kemampuan khusus yang beragam. Seperti penyelamatan sandera, menjinakkan bom, mengatasi huru-hara, mengepung perampokan, serta masalah-masalah yang dekat hubungannya dengan masyarakat.

    Nah, satu lagi yang membuat Brimob dikagumi dunia adalah kemampuan menembak kepercayaan. Ya, penembakan ini membutuhkan skill khusus bagi seorang anggota Brimob, meski yang ditembak adalah balon namun dipegang oleh manusia dalam keadaan hidup, bukan gambar apalagi ilustrasi.

    Menembak kepercayaan, atau trust shooting. Mereka yang sudah ditempa habis-habisan akan bisa menggunakan senjata api dalam posisi apapun, mulai dari jongkok, kaki di atas lalu kepala di bawah, tiduran, bahkan membalikkan badan dari sasaran. Wow.

    Mau tahu seperti apa, berikut videonya:

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES