1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TIPS


  8. Reporter : Lia Harahap    23 Mei 2017 16:29

    Jengkel lihat freezer penuh es, cara ini dijamin bikin cepat mencair

    Sulitnya mencairkan bunga es membuat waktu membersihkan lemari pendingin menjadi lama.

    Feed.merdeka.com - Banyak ibu rumah tangga mengeluh setiap kali melihat lemari pendingin mereka dipenuhi bunga es. Setelah sebulan dibersihkan, biasanya bunga es kembali memenuhi freezer.

    Sulitnya mencairkan bunga es membuat waktu membersihkan lemari pendingin menjadi lama. Apalagi jika bunga es terlalu tebal, tak mudah mencairkannya dalam hitungan menit. Butuh waktu beberapa jam, agar kulkas bisa dikuras dan dibersihkan.

    Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencarikan es yang membeku di freezer. Berikut cara mudah yang bisa dicoba:

    1. Mencabut aliran listrik pada stopkontak

    Aliran listrik yang terputus akan membuat lemari es tidak bisa memproduksi dingin. Dalam keadaan itu, akan lebih mudah mencairkan es dan baik mencegah terkena setrum

    2. Keluarkan makanan

    Setelah itu, keluarkan semua isi dalam kulkas. Makanan yang tersimpan akan menjadi rusak bila tanpa pendingin. Apalagi bila makanan masak yang terkena tetesan air dari lelehan es freezer, tentu sangat tidak sehat dikonsumsi lagi

    3. Mulai melumerkan es

    Sesuai zat-nya, es memang mudah mencair bila tak ada suhu dingin di sekitarnya. Namun, agar proses cair es lebih cepat, bisa dilakukan dengan memasukkan air panas (jangan terlalu panas) yang ditaruh dalam mangkuk. Cara ini diyakini membantu proses pencairan es. Agar air tak membasahi banyak tempat di bawahnya sediakan kain penyerap.

    Atau jika anda lebih bersabar, buka pintu lemari es anda, udara terbuka yang masuk ke dalam lemari pendingin memudahkan es mencair.

    4. Setelah es mencair

    Mulai lap sisa air yang menetes sampai kering. Setelah itu, sebelum memasukkan makanan kembali dan menyalakannya, anda bisa mengoleskan sedikit minyak sayur di sekeliling kulkas. Tujuannya, saat nanti es kembali membeku, akan lebih mudah dibersihkan. Sebab minyak sayur dapat menghasilkan daya tarik menarik antar dinding kulkas dan es berkurang dratis. Dengan begitu es lebih mudah rontok.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES