1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. B
  6.  » 
  7. BERITA UNIK


  8. Reporter : Lia Harahap    23 Mei 2017 07:33

    Bikin melongo, meski kecil dan sederhana benda ini ada sejarahnya

    Namun, kita tak begitu peduli dengan asal usulnya.

    Feed.merdeka.com - Peniti, tusuk gigi, jarum jahit, dan banyak benda kecil lainnya sering terlihat di keseharian kita. Namun, kita tak begitu peduli dengan asal usulnya.

    Padahal barang kecil dan sederhana itu punya sejarah yang tak boleh dilewatkan. Ada sederet nama penting di balik penemuan barang-barang tersebut.

    Tak percaya, ini cerita di balik penemuan barang-barang kecil tersebut:

    1. Jarum jahit

    Anda pasti tahukan benda ini. Jarum jahit bisa dipakai menggunakan mesin atau saat menjahit secara manual.

    Ternyata, pada awal penemuannya, jarum jahit terbuat dari tulang hewan dan kayu. Tulang itu ditemukan setelah dilakukan penggalian di kawasn Alby, Swedia pada 6000 tahun Sebelum Masehi. Salah satu jarum tertua ditemukan di Kostenki, Rusia dan usianya telah 30.000 tahun.

    Jarum jahit ternyata punya ukuran. Untuk memudahkan pencarian, kotak jarum diberi nomor sesuai ukurannya.

    2. Cotton bud

    Benda ini biasanya dipakai untuk membersihkan telinga. Namun terkadang dipakai untuk membersihkan debu pada satu benda yang sulit dijangkau.

    Benda ini ditemukan pertama kali pada tahun 1920 oleh Leo Gerstenzang. Namun kala itu bentuknya belum seperti sekarang. Pada masa itu, Leo menggulung gumpalan kapas pada tusuk gigi. Kemudian dia beri nama Baby Gays yang kemudian diubah menjadi Q-tips.

    3. Gunting kuku

    Alat ini cukup sering kita gunakan untuk memotong kuku tangan dan kaki yang mulai panjang. Gunting kuku biasanya terbuat dari logam dengan prinsip kerja seperti tuas.

    Tak ada pasti siapa yang pertama kali menemukan gunting kuku. Namun benda ini pertama kalinya mendapat hak paten oleh Amerika Serikat pada tahun 1875 dan diberikan kepada Valentine Fogerty.

    4. Penjepit pakaian

    Benda ini paling sering digunakan ibu rumah tangga saat akan menjemur baju. Penjepit membuat baju tak mudah jatuh atau terbang saat tertiup angin.

     

    Tak banyak yang tahu benda sangat sederhana ini punya sejarah loh. Mulanya, jepitan baju terbuat dari kayu hasil pemikiran Victor Jeremie Opdebec. Sering dengan perkembangan zaman, penjepit pakaian kemudian dibuat lebih keren menggunakan per yang dibuat David M Smith, pria asal Springfield, Amerika Serikat sekitar tahun 1853.

    5. Peniti

    Peniti akrab sekali dengan penampilan wanita. Benda ini bisa dipakai untuk menggantikan sementara kancing yang terlepas atau mengaitkan dua helai kain terbuka menjadi tertutup.

     

    Peniti mulanya ditemukan pada adab 14 SM di Mycenaeans sejak abad ke-14 sebelum masehi. Kemudian pada tahun 1849, benda berwarna perak itu disempurnakan Walter Hunt, sekaligus disebut sebagai penemu asal Amerika.

    6. Tusuk gigi

    Nah benda yang satu ini pasti sangat dicari setelah santap makanan selesai. Benda ini membantu menjangkau makanan yang tersembunyi di sela gigi.

     

    Dalam banyak sumber menyebut, benda ini berusia cukup lawas sebagai alat pembersih gigi. Ternyata pembuatannya memakai mesin yang pertama kali ditemukan Alessandro Franco pada tahun 1869. Mesin serupa kemudian dipatenkan pada 1872 oleh Silas Noble dan J.P.

    7. Karet gelang

    Pernah gak sih kepikiran, kok bisa muncul karet gelang di muka bumi ini. Ternyata, itu juga ada sejarahnya loh yang belum banyak diketahui.

     

    Benda berbahan dasar karet ini dipatenkan pertema kali di London tepatnya, 17 Mei 1845. Ide membuat benda ini pertama kali dicetuskan seorang pengusaha karet vulkanisir Stephen Perry asal Inggris.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES