1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Yulistyo Pratomo    22 Mei 2017 16:05

    Istilah penyakit yang cuma dikeluhkan orang Indonesia

    Penyakit-penyakit ini enggak ada di dunia medis, kok bisa ya?

    Feed.merdeka.com - Penyakit adalah sesuatu yang tidak bisa dihindarkan banyak orang. Entah karena terlalu lelah, bisa juga akibat perubahan cuaca yang terlalu ekstrem.

    Nah, ada banyak istilah penyakit yang hanya dimiliki orang Indonesia lho. Bahkan sangat jauh berbeda dengan istilah medis yang sudah ada.

    Apa saja sih?

    Masuk Angin

    Jika anda yang pernah masuk atau setidaknya mempelajari ilmu kedokteran, pasti tidak menemukan nama penyakit ini. Dunia kesehatan mengistilahkan masuk angin sama dengan flu. Mungkin, orang dulu menduganya sebagai masuk angin karena kelebihan gas di dalam tubuh, seperti perut kembung.

    Kebanyakan orang mengatasi penyakit ini dengan cara pijat atau kerokan.

    Angin Duduk

    Sekilas pasti bingung dengan istilah ini, kok angin bisa duduk. Ternyata istilah yang pas dalam ilmu medis, penyakit ini sama dengan sakit 'Jantung Koroner'. Serangan jantung yang mendadak dan sering kali berujung pada kemarian tanpa tanda-tanda tertentu.

    Nah, bagi orang Indonesia jika ada orang mendadak meninggal dunia meyakini hal itu terjadi akibat begadang berlebihan lalu mandi.

    Sawan

    Pernah dengar kalimat, 'jangan ke sana, nanti anak-anak bisa sawan." Saat pertama kali mendengar pasti anda kebingungan maksudnya. Sawan itu biasanya terjadi pada anak balita, mereka mendadak nangis tidak karuan tanpa ada sebabnya, sampai-sampai suhu badannya juga naik.

    Orang-orang Indonesia percaya penyebabnya adalah makanan yang dikonsumsi ibu, sampai menyentuh hal-hal mistis. Sejauh ini, dunia medis belum bisa memberi penjelasan tentang penyakit ini.

    Latah

    Latah semakin populer gara-gara beberapa komedian menderita penyakit ini. Dalam istilah medis namanya ekopraksia.

    Hanya saja, di Indonesia orang latah bisa meniru spontan apa yang diperintah atau cuma teriak kaget aja. "Ayam.. ayam.. ayam!"

    Schistosomiasis

    Ini penyakit langka yang cuma ada di Indonesia. Terutama wilayah Sulawesi Tengah. Schistosomiasis penyakit menular akibat infeksi dari keong. Menyebabkan pembengkakan perut yang bisa berujung kematian.

    Belum ada obat untuk penyakit ini.

    Kantong Kering

    Kalau ini sih bukan penyakit beneran ya. Dari Sabang hingga Merauke, 'penyakit' ini biasa menyerang mahasiswa dan kalangan pekerja. Gejalanya adalah sering makan mie instan dan diam di rumah. Bisa mempengaruhi kepercayaan diri serta tampilan visual.

    Kalau sudah kena 'penyakit' ini susah mau ke mana-mana. Betul gak? 

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES