1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter :     27 Oktober 2017 15:24

    Wow, Arab Saudi jadikan robot ini warga negaranya

    Sophia menjadi robot pertama yang punya kewarganegaraan.

    Feed.merdeka.com - Arab Saudi menjadi negara pertama di dunia yang memberikan status kewarganegaraan kepada robot. Warga negara baru Arab Saudi bernama Sophia merupakan robot mirip manusia empty-eyed.

    Dikutip dari laman Business Insider, 27 Oktober 2017, robot itu menarik perhatian di ajang Future Investment Initiative di Riyadh, Rabu, 25 Oktober 2017. Sophia pun didaulat menjadi robot pertama yang memiliki kewarganegaraan.

    "Saya merasa terhormat. Ini merupakan momen bersejarah dimana robot di dunia kian diakui dengan pemberian warga negara ini," kata dia kepada hadirin dalam sebuah panel. Namun, Sophia tidak merinci lebih lanjut bentuk kewarganegaraan seperti apa yang dia terima dari Arab Saudi.

    Sophia merupakan robot buatan Hanson Robotics, sebuah perusahaan yang berbasis di Hong Kong. Dalam acara itu, Sophia juga menjawab sejumlah pertanyaan dari moderator dan jurnalis Andrew Ross Sorkin.

    Sebagian besar, pertanyaan itu berkisar seputar status Sophia sebagai humanoid dan kekhawatiran orang-orang terhadap keberlangsungan manusia di dunia robot.

    Andrew mengatakan kepada Sophia bahwa,"Kita semua ingin mencegah masa depan yang buruk."

    Jawaban Shopia sangat menohok. "Anda terlalu banyak membaca Elon Musk. Dan, terlalu banyak menonton film Hollywood. Jangan khawatir, jika Anda baik kepadaku, aku akan bersikap baik padamu. Perlakukan aku sebagai sistem input-output yang cerdas,” kata dia kepada Andrew.

    FOTO: Robot Sophia (AFP)

    NEXT: Robot yang ingin hancurkan manusia

    Robot yang ingin hancurkan manusia

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES