1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter :     2 Oktober 2017 07:30

    Tahun 2024 mulai dibangun kota di Mars, minat?

    SpaceX juga mengklaim akan menerbangkan dua misi kargo ke Mars tahun 2022.

    Feed.merdeka.com - Ambisi manusia untuk menemukan planet selain Bumi yang bisa ditinggali masih terus hidup hingga kini. Terkini, seorang investor dan pengusaha bernama Elon Musk menargetkan, mampu memberangkatkan manusia ke Mars pada 2024.

    Dia mengklaim, manusia sudah bisa membangun koloni di Mars, saat itu. Untuk itu, perusahaan ekslorasi luar angkasa milik Musk, SpaceX, sudah membuat rencana ambisius, yakni membangun base di planet merah itu.

    Perusahaan ini juga mengaku sudah meluncurkan roket yang bisa digunakan kembali, demikian dikutip dari laman Telegraph.co.uk, 29 September 2017. Roket ini memiliki kecepatan 27 ribu kilometer per jam.

    SpaceX juga mengklaim akan menerbangkan dua misi kargo ke Mars tahun 2022 menggunakan roket multifungsi yang dinamai BFR. Tugas tim ini adalah menemukan air dan membangun infrastruktur energi dan penunjang kehidupan lainnya.

    Manusia pertama yang akan terbang ke Mars akan berangkat tahun 2024. Mereka nantinya akan mendirikan pabrik bertenaga surya untuk membuat propelan. Dengan demikian, nantinya mereka bisa kembali lagi ke Bumi.

    Roket mereka akan mendarat secara vertikal. Artinya, roket ini bisa digunakan kembali untuk misi lainnya.

    Mars merupakan planet yang memiliki gravitasi yang lebih kecil dibandingkan Bumi. Secara teori, kondisi ini akan memudahkan roket untuk meluncur ke luar angkasa.

    Meski demikian, kata Musk, pesawat antariksa yang berangkat ke Mars itu tidak dibekali bahan bakar yang cukup untuk kembali ke Bumi. Sehingga, kandungan es di bawah tanah Mars dan karbondioksida di atmosfer menjadi krusial untuk membuat bahan bakar sintetis. "Seiring berjalannya waktu, nanti ini menjadi kota antariksa yang nyaman," kata Musk.

    Rencana pembangunan kota di Planet Mars
    © 2017 feed.id/Telegraph/--


    Musk juga mengungkap, SpaceX berencana membangun landasan pendaratan di Bulan. "Ini sudah 2017. Seharusnya saat ini kita sudah memiliki base Bulan," kata dia.

    Sebelumnya, Musk berambisi kota di Mars dengan sejuta penduduk harus bisa diciptakan dalam kurun 50 tahun. Bagi dia, manusia perlu memastikan keberlangsungan hidup sebagai spesies.


     


    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES