1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    11 Mei 2016 12:51

    Tips Naik Tangga Tanpa Nyeri Lutut

    Kaki mana dulu yang harus Anda dahulukan untuk naik anak tangga?

    Feed.merdeka.com - Nyeri lutut sangatlah menyiksa. Ia akan membatasi semua pergerakan Anda sehingga aktivitas akan terganggu. Bila melangkah saja sudah susah, apalagi jika Anda harus naik anak tangga.

    Dr. Ade Sri Wahyuningsih, pakar Nyeri dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang dari Jakarta, memberi solusi bagi Anda yang sudah terkena nyeri lutut dan ingin menaiki tangga. "Dahulukan menggunakan lutut yang sehat untuk awal memijakan kaki dan seret kaki yang sakit perlahan. Dan ketika ingin turun tangga awali kaki yang sakit terlebih dahulu, kemudian susul dengan kaki yang sehat," ujar dr. Ade saat ditemui di bilangan Buncit, Jakarta Selatan.

    Ada tiga faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya nyeri lutut. Pertama kelebihan berat badan. Obesitas atau berat badan berlebih ternyata dapat memicu stress pada sendi lutut, hal ini terjadi bahkan saat melakukan aktivitas sederhana seperti jalan kaki naik dan turun tangga.

    Kedua, berkurangnya kekuatan otot. Kekuatan otot berperan penting dalam terjadinya cedera lutut. Otot-otot lemah di sekitar sendi tidak mampu menopang beban sendi dikarenakan tidak memiliki kemampuan dalam menyerap beban tubuh yang sela jutnya mengakibatkan stres pada persendian termasuk sendi lutut.

    Dan yang terakhir, riwayat cedera lutut. Seseorang yang pernah mengalami cedera pada lutut akan memperbesar risiko cedera kembali terulang. Ketika nyeri lutut terjadi, pastikan Anda melakukan pemeriksaan fisik karena hal ini menentukan terapi selanjutnya.

    "Pada beberapa kasus, dokter mungkin menganjurkan dilakukan test pencitraan, yang meliputi pemeriksaan menggunakan x-ray, computerized tomography, USG, dan magnetic resonance," tambah dr. Ade.

    Baca juga:

    Tips Cara Cepat Mengatasi Nyeri Lutut

    Tips Mencegah Kemandulan Agar Mudah Mendapatkan Momongan

    Tips Citra Scholastika Agar Tak Menjadi Perawan Tua

    Siapa Sangka, Anak-anak pun Bisa Terkena Nyeri Sendi

    Tiga Jenis Buah Pereda Nyeri Saat Menstruasi

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES