1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter :     3 Oktober 2017 18:45

    Stephen Hawking minta manusia segera tinggalkan Bumi

    Stephen Hawking menghitung, manusia hanya bisa tinggal di Bumi ini selama 100 tahun ke depan.

    Feed.merdeka.com - Ahli astrofisika kesohor dunia, Stephen Hawking menganjurkan manusia untuk segera meninggalkan Bumi. Ada apa ya?

    Beberapa bulan terakhir, Hawking vokal menyuarakan anjurannya itu. Alasannya, risiko kiamat kian tinggi seiring perubahan iklim, pertambahan penduduk bumi yang kian cepat, dan lain sebagainya.

    Menurut ilmuwan berusia 75 tahun itu, manusia memerlukan tempat tinggal baru, selain Bumi, secepat mungkin. Jika bisa, 100 tahun ke depan, manusia sudah menemukan tempat baru, demikian dikutip dari laman foxnews.com.

    Dia mendorong agar para ilmuwan melihat kembali peluang Bulan menjadi tempat manusia membangun koloni. Setelah bulan, rencana berikutnya adalah menjajaki Planet Mars.

    Ahli astrofisika asal Inggris Stephen Hawking
    © 2017 feed.id/www.hawking.org.uk

    "Kita kehabisan ruang. Dan, tempat satu-satunya yang bisa kita tuju adalah dunia lain," kata Hawking. Menurut dia, sudah saatnya manusia mengeksplorasi tata surya lain.

    Menyebar, imbuhnya,  mungkin salah satu cara menyelamatkan kita dari diri kita sendiri. "Saya yakin, manusia perlu meninggalkan Bumi," kata dia.

    Dia juga menggarisbawahi beberapa faktor yang mengancam keberlangsungan manusia. Mulai dari pemanasan global, kian terbatasnya sumber daya, dan kelebihan populasi manusia.

    Ras manusia, kata dia, sudah eksis dalam bentuk spesies yang terpisah-pisah selama 2 juta tahun. "Peradaban baru muncul 10 ribu tahun terakhir. Jika manusia melanjutkan jutaan tahun lagi, masa depan kita bergantung pada keberanian yang tak pernah ada sebelumnya," jelasnya.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES