1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Anisha    24 Februari 2016 15:36

    Mari Mulai Sarapan Sehat Sempurna dengan 4J

    Jumlah asupan, Jadwal makan, Jenis makanan apa yang dikonsumsi, dan Jurus masak.

    Feed.merdeka.com - Kebutuhan energi untuk seharian penuh dapat diawali dengan sarapan. Kebiasaan sarapan bergizi juga berkaitan dengan pemahaman gizi seimbang.

    Setiap hari tubuh membutuhkan zat gizi untuk memenuhi energi, tidak hanya korbahidrat saja tetapi juga protein, vitamin, dan mineral. Sumber energi sangat dibutuhkan untuk otak sebab organ inilah yang sangat memengaruhi pikiran dan membuat manusia bergerak.

    Spesialis Gizi Klinis DR. dr. Samuel Oetoro, MS. Sp. GK. menjelaskan, ada 4J yang harus kita penuhi saat sarapan agar menjadi sarapan sehat sempurna. "4J pada sarapan ialah Jumlah asupan, Jadwal makan, Jenis makanan apa yang dikonsumsi, dan Jurus masak atau cara kita masak sarapan," ujar dr. Samuel saat ditemui di bilangan Senayan, Jakarta Selatan, Kamis, 24 Februari 2016.

    Makan pun harus sesuai dengan kebutuhan, tidak boleh berlebihan dan tidak boleh kurang. Sarapan dibutuhkan sebab saat kita tidur malam metabolisme dan pembakaran tetap bekerja dan membuat glukosa rendah.

    "Gula sebagai sumber utama otak. Untuk itu harus sarapan dengan bahan makan yang membuat gula darah tinggi secara perlahan seperti makan sandwich, susu, sayuran dan buah, agar Anda tidak cepat lapar," tambah dr. Samuel.

    DR. Ir. Heryudarini Harahap, M. Kes, peneliti ahli menjelaskan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia untuk sarapan sangat tidak cukup. Terutama di kelonpok umur sembila hingga12 tahun yang memiliki kuantitas sarapan rendah.

    "Harus ada korbohidrat, protein, mineral untuk mencukupi sarapan yang membuat tubuh tambah berenergi," ujar Heryudarini.

    Baca juga:

    Intip Isi Menu Sarapan Keluarga Mona Ratuliu

    Cara Gampang Bikin Anak Minat Sarapan ala Seleb Ersa Mayori

    10 Menu Sarapan Nikmat dari Seluruh Dunia

    Makanan Ini Sehat, Tapi Tinggi Lemak

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES