1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KECANTIKAN


  8. Reporter : Anisha    24 Februari 2016 11:21

    Ciri Kosmetik yang Tak Layak Lagi Digunakan

    Bila Anda ngotot masih memakainya, akan terjadi iritasi kulit.

    Feed.merdeka.com - Semua benda kosmetika memiliki masa kadaluarsa tersendiri. Hanya saja wanita jarang memerhatikannya. Untuk itu, berikut tanda-tanda kosmetik tidak layak lagi digunakan agar tidak membuat wajah Anda iritasi.

    1. Eye liner
    Eye liner jenis pensil memang lebih tahan lama dibanding jenis cair. Tetapi umumnya, eye liner pensil harus diganti setiap tiga bulan sekali.

    Jika dalam bagian pensil terdapat tanda titik putih, ini tandanya eye liner sudah harus dibuang. Lain lagi yang berbentuk cairan, jika cairan sudah terpisah dan mengeluarkan bau tak sedap, maka ini tanda Anda harus menbeli yang baru.

    2. Lipstik
    Perhatikan perubahan tekstur dan aroma dari lipstik. Jika warna sudah mulai berubah dan sudah sulit menempel di bibir, ini pertanda bahwa lipstik sudah tak layak digunakan.

    3. Foundation
    Foundation cair setelah dibuka harus diganti setelah enam sampai 12 bulan. Jika Anda melihat perubahan warna, atau sudah berbau, ini adalah salah satu pertanda Anda harus membuang foundation tersebut agar tidak membuat kulit iritasi.

    4. Maskara
    Maskara harus diganti jika kemasan sudah dibuka setiap dua sampai tiga bulan. Periksa bau maskara untuk menandakan masih layak atau tidak untuk digunakan.

    5. Bedak padat, blush on, dan eye shadow
    Bedak padat dan bubuk normalnya bisa bertahan selama kurang lebih dua tahun. Namun jika menemukan pertanda adanya perubahan warna atau menjadi keras, itulah saatnya bedak Anda harus dibuang.

    Sedangkan untuk eye shadow, perhatikan adanya perubahan warna dan bau yang aneh. Itu artinya eye shadow harus dibuang karena bisa membawa bakteri ke area mata Anda.

    6. Lipgloss
    Sama halnya dengan lipstik, perhatikan tekstur dan bau yang timbul dari lipstik. Jika lipgloss terasa sangat lengket, serta terdapat tanda garis-garis, maka saatnya membuang lipgloss tersebut.

    Baca juga:

    Sering Berbagi Makeup? Ini Dampaknya pada Mata

    5 Kesalahan Make-up yang Membuat Pria Hilang Rasa

    Percaya Atau Tidak, Tapi 3 Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Kosmetik

    Tips Cermat Mendapat Kosmetik Tanpa Bayar

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES