1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Ita Malau    7 Januari 2018 07:35

    Lebih sehat mana, makan apel dengan kulitnya atau dikupas?

    Kandungan air dalam daging buah bisa menguap setelah dikupas.

    Feed.merdeka.com - Mengkonsumsi buah sangat baik bagi kesehatan. Namun, ketika makan buah, kita dihadapkan pada pilihan, mengupasnya terlebih dahulu atau makan bersama kulitnya. Dikutip dari hellosehat, ternyata ada beberapa buah yang justru lebih baik dimakan tanpa dikupas.

    Misalnya saja apel. Satu buah apel utuh dengan kulitnya bisa mengandung vitamin K lebih dari 332%, vitamin C lebih dari 142%, kalsium 20% lebih banyak, dan hingga kalium 19% lebih banyak daripada apel yang sudah dikupas. Kenapa nilai gizi keduanya bisa berbeda, padahal masih sama-sama apel?

    Kandungan air dalam daging buah bisa menguap setelah dikupas. Hilangnya kandungan air dapat mengganggu keseimbangan pH beberapa buah, sehingga bisa menghilangkan kandungan nutrisinya.

    Beberapa vitamin dan mineral yang tidak tahan panas juga bisa menguap setelah buah dikupas dan dipotong, seperti vitamin C. Selain memiliki kandungan gizi yang lebih komplit, masih ada banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapat dari makan buah-buahan masih dengan kulitnya.

    Kulit buah tinggi serat

    Kulit buah mengandung lebih banyak serat daripada dalam dagingnya, terutama jenis serat yang tidak larut air. Satu buah apel utuh, mengandung hingga 2,4 gram serat. Setengah dari jumlah tersebut terkandung di dalam kulitnya.

    Asupan serat tidak larut dapat membantu mencegah dan mengobati sembelit. Terlebih, kandungan serat yang tinggi pada kulit buah mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama daripada makan buah yang sudah dikupas. Kulit buah juga mengandung porsi serat larut air yang cukup tinggi. 

    Antioksidan tinggi

    Penelitian membuktikan bahwa kandungan antioksidan dalam buah lebih terkonsentrasi pada bagian kulitnya. Sebuah studi menemukan bahwa tingkat antioksidan pada kulit buah bisa 328 kali lebih tinggi dibandingkan di dalam daging buah itu sendiri.

    Antioksidan berperan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh, yang merupakan biang keladi radang sendi, penyakit jantung, aterosklerosis, stroke, hipertensi, tukak lambung, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, hingga kanker. Menurut penelitian, memakan apel dengan kulitnya lebih efektif membunuh sel kanker dibandingkan dengan yang sudah dikupas.

    Kulit buah mengandung pestisida

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES