1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Stella Maris    13 Oktober 2017 15:48

    Kentut yang 'sehat' itu berapa kali sih dalam sehari?

    "Dari hasil temuan saya..."

    Feed.merdeka.com - Ketika membicarakan soal kentut, berkaitan dengan kesehatan dan rasa malu akibat mengeluarkan gas yang kadang, memunculkan bau tak sedap. Tapi sebenarnya, kentut yang sehat itu berapa kali dalam sehari?

    "Dari hasil temuan saya, kentut 10 kali dalam sehari adalah normal. Bahkan bila dua kali lipat atau sebanyak 20 kali juga masih dianggap normal," jelas dr Beth Mallard, dosen fisiologi dari National University of Ireland (NUI) Galway, seperti dikutip laman Irishtimes.

    Gas yang dikeluarkan saat kentut itu, kata dr Beth merupakan akumulasi di saluran pencernaan. Ada gas dari dalam tubuh karena reaksi kimia, ada juga dari makanan yang dikonsumsi.

    Namun bila jumlah kentut tidak sampai angka rata-rata itu, penyebabnya karena populasi bakteri di usus yang bervariasi setiap orang. Faktanya ada triliunan bakteri dalam usus, terutama usus besar.

    Lalu apakah kentut 10-20 kali dalam sehari bisa jadi tanda bahwa kita benar-benar sehat? "Tidak juga," tambah dr Eamon Quigley, pakar gastroenterologi dari Houston Methodist Hospital, Texas.

    Itu karena cara kerja gas dalam tubuh tergantung dari banyaknya bakteri. Nah bakteri dalam usus, punya enzim kemampuan mendeteksi makanan yang bisa atau tidak untuk dicerna tubuh, dan menghasilkan asam lemak rantai pendek.

    Asam lemak rantai pendek itulah yang membantu mempertahankan usus sehat. Asam lemak rantai pendek juga membantu mengeluarkan gas dalam tubuh yang dapat mengakibatkan perut jadi kembung.

    Singkatnya, kentut menjadi cara manusia melepaskan gas dari usus. Bila tak dikeluarkan, maka akan menyebabkan masalah kesehatan serius.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES