1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KOREA UTARA


  8. Reporter :     25 Oktober 2017 08:00

    Fakta unik Korut, dari urusan rambut hingga penculikan sutradara

    Ya, bentuk potongan rambut warga Korut menjadi urusan penting negara.

    Feed.merdeka.com - Korea Utara tengah menghiasi pemberitaan utama berbagai media dunia. Sejak Agustus lalu, Korut dan Amerika saling 'jual-beli' ancaman.

    Korea Utara mengancam akan meluncurkan rudalnya ke Guam, pualu di Samudera Pasifik yang menjadi pangkalan militer AS. Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump bahkan mengancam akan menyerang Pyongyang dengan serangan dahsyat.

    Namun, tidak adanya informasi yang jelas mengenai kekuatan persenjataan dan nuklir Korut justru yang membuat dunia was-was. Ya, negara ini memang terkenal sangat tertutup, penuh rahasia dan misteri.

    Meski demikian, ada beberapa fakta unik mengenai negara yang dipimpin Kim Jong Un itu. Dikutip dari laman USA Today, berikut fakta-fakta seputar Korut:

    1. Pendiri dan pemimpin pertama Korut, Kim Il Sung, yang menciptakan kebijakan juche atau kemandirian negara itu. Dengan kebijakan itu pula, Korut memutuskan hubungan ekonomi dan diplomatik dengan negara-negara di dunia--bahkan ketika terjadi kelaparan.

    2. Korut juga mengontrol informasi yang dikonsumsi warganya. Salah satu informasi yang disebarkan media yang dikontrol pemerintah adalah prestasi yang dicapai Kim Jong Il--putra pendiri Korut.

    Menurut media itu, Kim Jong Il mencetak skor sempurna saat pertama kali bermain bowling dan golf. Ya, dia dikabarkan mencetak skor sempurna 300 untuk bowling dan 11 hole-in-one untuk golf.

    3. Selama 7 dekade eksistensinya, Korut sudah dipimpin tiga generasi dari garis keluarga yang sama--dan semuanya menerapkan kepemimpinan diktator. Pimpinan saat ini, Kim Jong Un (33) merupakan cucu Kim Il Sung yang 'naik tahta' pada 2011 setelah ayahnya, Kim Jong Il, meninggal dunia.

    Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un
    © 2017 feed.id/AFP


    NEXT: Potongan rambut pun jadi urusan negara

    Potongan rambut pun jadi urusan negara

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES