1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KOREA UTARA


  8. Reporter :     23 Oktober 2017 20:00

    Misteri Koksan, senjata andalan Korut yang bisa hancurkan Seoul

    Riwayat bahkan nama asli Koksan di Korut masih belum jelas betul.

    Feed.merdeka.com - Dunia masih menduga-duga dengan was-was bagaimana kekuatan senjata yang dimiliki negara Korea Utara. Apakah mereka punya stok rudal balistik dan nuklir warhead yang cukup untuk menghancurkan negara tetangga atau mungkin separuh dunia?

    Tak ada jawaban pasti. Namun, Korut diyakini memiliki senjata mematikan yang bisa ditembakkan dari perbatasan negara itu. Senjata ini juga disebut-sebut bisa menyebabkan kerusakan yang luas pada wilayah target.

    Nama senjata itu adalah 'super big gun' Koksan. Meski antik, senjata ini diyakini mampu membuat Seoul porak-poranda.

    Senapan besar self-propelled 170 milimeter (mm) itu bisa melesat hingga sejauh 37 mil atau sekitar 59,54 kilometer. Dengan demikian, Seoul sebagai Ibu Kota Korea Selatan itu masuk dalam radar jangkauan Koksan--seiring ketegangan yang terus terjadi di semenanjung itu.

    Koksan ini mengingatkan pada era senjata-senjata jarak jauh dari paruh pertama abad 20. Namun, jenis senjata itu kemudian ditinggalkan oleh negara-negara--termasuk Amerika Serikat-- seiring perkembangan senjata sejak tahun 1950-an. Nah, diperkirakan Korut masih belum 'move on' dari 'senjata besar' tersebut.

    Namun, riwayat serta nama asli Koksan di Korut itu masih misteri.

    NEXT: Asal-muasal nama Koksan

    foto: Koksan (The National Interest)

    Asal-muasal nama Koksan

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES