1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. B
  6.  » 
  7. BUNG KARNO


  8. Reporter : Yulistyo Pratomo    18 Agustus 2017 14:30

    Bangga, Soekarno pernah diabadikan jadi perangko di tiga negara ini

    Sosoknya tak hanya dikagumi rakyat Indonesia, sejumlah negara bahkan merasakan jiwa kepemimpinan dari seorang proklamator ini.

    Feed.merdeka.com - Karisma Ir Soekarno sebagai Presiden RI Pertama memang tak bisa dipungkiri. Sosoknya tak hanya dikagumi rakyat Indonesia, sejumlah negara bahkan merasakan jiwa kepemimpinan dari seorang proklamator ini.

    Atas alasan itu, beberapa negara mengabadikan Soekarno ke dalam perangko yang dibuat secara khusus. Mulai dari Kuba, Filipina hingga Korea Utara.

    Filipina

    Pada gambar perangko yang menunjukkan eratnya persahabatan antara Indonesia dan Philipina.

    Tidak dicantumkan tanggal penerbitannya, namun kira-kira perangko ini diterbitkan di masa pemerintahan Presiden Elpido Quirino yang memerintah Philipina pada tahun 1948-1953.

    Kuba

    Persahabatan erat juga ditunjukkan oleh Kuba. Negeri ini menanggap Soekarno sebagai sosok revelusioner sama halnya dengan Fidel Castro.

    Dalam gambar di sebalah menggambarkan pertemuan antara kedua pemimpin besar tersebut pada 1960-an. Nah, perangko ini kembali dicetak pada 2007 sebagai lambang persahabatn dua negara yang sudah lama terjalin.

    Korea Utara

    Bagi negara komunis ini, sosok Presiden Soekarno memiliki tempat tersendiri bagi pemimpin pertama mereka Kim Il-Sung. Tak heran jika Bung Karno diabadikan ke dalam perangko yang dibuat secara khusus.

    Perangko ini dibuat sekaligus sebagai wujud persahabatan dua negara yang sudah berlangsung selama 50 tahun. Meski tak disebutkan tahun pembuatannya namun dipastikan sekitar tahun 2010-an, di mana kontak kedua negara baru dimulai sejak 1960.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES