1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter :     24 Oktober 2017 09:45

    Stephen Hawking: Waspada jika alien datang ke Bumi

    Bahkan dengan berbagai bukti-bukti itu, kehidupan ekstraterestrial masih misteri hingga kini. Direktur NASA Charles Bolden pernah mengatakan bahwa dia yakin manusia akan menemukan kehidupan lain, selain di Bumi.

    "Jika tidak di tata surya kita, maka di tata surya lain," kata dia.

    Tapi, Charles tak mau membuat skala waktu untuk  penemuan itu. Sementara sejumlah ahli--termasuk ahli astrofisika kenamaan Neil DeGrasse Tyson-—menyebut setidaknya 50 tahun lagi.

    Bahkan, ilmuwan yang optimis menyebut penemuan itu bisa lebih cepat. Salah satunya ilmuwan NASA Ellen Stofan yang mengatakan pada 2015 bahwa para peneliti akan menemukan indikasi kut kehidupan di luar Bumi dalam satu dekade. "Dan saya pikir, kita akan memiliki bukti definitif dalam 20 sampai 30 tahun," kata dia.

    Ahli fisika Stephen Hawking yang baru-baru ini mengatakan bahwa manusia seharusnya menemukan planet alternatif untuk ditinggali. Dia juga memperingatkan, jika alien sampai datang ke Bumi, manusia harus waspada dan hati-hati. Kita tidak tahu bagaimana respons mereka terhadap kehidupan di Bumi.

    Kemajuan eksplorasi luar angkasa diperkirakan akan kian pesat di tahun 2018. Sebab, NASA akan meluncurkan James Webb Space Telescope, demikian dikutip dari laman Newsweek.

    Teleskop ini merupakan perangkat yang ultrasensitif. Dengan teleskop tercanggih itu, peneliti kemungkinan akan bisa mengobservasi jejak-jejak kehidupan ekstraterestrial--jika memang ada.

    Jika memang menemukan bukti kehidupan alien, NASA pasti tidak akan diam saja. Jika memang ada, temuan itu bakal menjadi momentum kemenangan politis untuk Amerika Serikat--yang serupa dengan memenangkan apa yang disebut "space race" melawan Uni Soviet pada Juli 1969. Ketika itu, Neil Armstrong sukses menginjakkan kaki di Bulan.

    Video pernyataan Anonymous

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES