1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. B
  6.  » 
  7. BUGAR


  8. Reporter :     2 Januari 2018 12:02

    Jangan minder, 4 olahraga ini paling cocok untuk orang introvert

    Orang introvert tak suka berbasa-basi dengan sekelilingnya.

    Feed.merdeka.com - Seseorang yang memiliki kepribadian introvert atau tertutup biasanya kurang nyaman melakukan olahraga yang berada di tengah keramaian. Olahraga jadi terasa lebih melelahkan bila harus berbasa-basi dan berinteraksi dengan banyak orang sekaligus.

    Jangan biarkan hal ini memadamkan niat Anda berolahraga. Ada banyak pilihan jenis olahraga untuk sosok introvert yang paling sesuai dengan kepribadian Anda.

    Seseorang yang introvert bukan takut pada interaksi sosial seperti seorang pemalu. Berbeda dengan ekstrovert yang spontan, tipe kepribadian introvert mungkin terlihat pendiam karena cenderung akan banyak berpikir dulu sebelum memutuskan bicara.

    Orang introvert cenderung lebih banyak menggunakan lobus frontalis, yaitu bagian otak yang bertugas merencanakan, memikirkan penyelesaian masalah, serta mengingat. Dalam berinteraksi, orang-orang dengan tipe introvert cenderung lebih nyaman untuk mengobrol secara empat mata dibandingkan ngobrol dengan sekelompok besar orang.

    Mereka juga merasa bahwa interaksi dengan sedikit orang memiliki makna yang dalam dan lebih bermanfaat. Jadi ketika harus berinteraksi dengan banyak orang sekaligus, orang introvert mungkin akan bicara sekadarnya saja.

    Jangan khawatir Anda harus terpaksa berbasa-basi dengan banyak orang. Ada beberapa jenis olahraga untuk introvert. Dilansir Fitness Magazine, berikut beberapa pilihannya.

    1. Renang

    Bagi orang dengan kepribadian introvert, renang bisa menjadi ajang “mengekspresikan kebebasan” Anda. Masalahnya, berada di dalam air memberikan sensasi kesunyian dan ketenangan, bebas dari suara-suara atau gangguan dari orang lain.

    Renang adalah kesempatan yang baik untuk memusatkan diri dengan pikiran Anda sendiri, sembari melakukan gerakan-gerakan berulang yang menenangkan.

    Untuk mendukung sesi renang Anda, pastikan pakaian renang yang dikenakan terasa nyaman. Bila perlu, gunakan kacamata renang yang dapat membantu Anda terhindar dari rasa menyengat pada mata akibat klorin yang umumnya digunakan pada air di kolam renang.

    2. Latihan interval

    Latihan interval intensitas tinggi (high-intensity interval training, HIIT) dipercaya dapat membakar kalori lebih efektif. Maksud dari intensitas tinggi adalah menggunakan energi sebanyak mungkin dalam waktu singkat. Satu hal yang paling menarik dari olahraga ini adalah bisa dilakukan secara solo alias sendirian.

    Latihan ini dilakukan dengan meningkatkan kecepatan dan intensitas olahraga hingga maksimal, kemudian kembali ke kecepatan sesuai kenyamanan Anda. Ulangi lagi dengan meningkatkan kecepatan, kemudian kembali lagi.

    Misalnya jika dilakukan dengan sepeda statis, Anda dapat memulai pemanasan selama 2 menit, kemudian 30 detik mengayuh sepeda statis secepat mungkin, diikuti 4 menit kayuhan ringan. Kemudian ulangi lagi tahapan ini.

    3. Pilates

    Senam pilates merupakan latihan otot perut yang berfokus pada otot perut Anda. Senam pilates merupakan latihan otot perut dengan risiko cedera yang rendah jika diikuti dengan benar. Ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin membentuk otot perut.

    Untuk mendapatkan manfaat lebih banyak dari pilates, latihan pernapasan akan membantu memperkuat otot perut Anda dan melindungi punggung bawah.

    Gerakan pilates berfokus pada perut, punggung bagian bawah, panggul, dan paha. Metode yang digunakan terdiri dari gerakan ketahanan dan kekuatan otot, serta latihan kelenturan yang tergolong low-impact. Perasaan rileks setelah melakukan olahraga ini paling disukai oleh para mereka yang memiliki kepribadian introvert.

    4. Yoga

    Bila Anda sedang mencari-cari cara mudah dan praktis untuk menyehatkan tubuh serta pikiran, maka yoga bisa menjadi pilihan yang tepat. Seseorang yang melakukan yoga pada umumnya ingin merelaksasi tubuh dari kesibukan aktivitas sehari-hari. Latihan yoga bertujuan menantang ketahanan fisik yang berfokus kepada pengaturan napas yang disertai ketenangan batin.

    Semua jenis yoga pada dasarnya dapat membantu Anda menjadi lebih rileks, menghilangkan ketegangan tubuh, dan menenangkan pikiran. Guna mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda harus memilih jenis yoga yang cocok dengan tujuan melakukan yoga serta kepribadian Anda. Yoga adalah olahraga untuk introvert yang cocok karena merupakan aktivitas yang cenderung tenang dan sepi.

    (Sumber: hellosehat.com)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES