1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     1 Januari 2018 16:00

    Ini daftar makanan ringan menyehatkan di malam hari

    Meski hari sudah malam, kadang hasrat untuk ngemil seringkali muncul.

    Feed.merdeka.com - Dari segi kesehatan, makan di malam di hari memang tidak disarankan. Mungkin kita juga sudah sering mendengar bahwa makan di atas jam 8 malam bisa membuat berat badan bertambah.

    Namun, pendapat itu tidak sepenuhnya benar, karena makan di malam hari jika dilakukan secara sehat dapat memberikan manfaat bagi tubuh.

    Mengkonsumsi protein yang tepat di malam hari dapat membangun otot saat Anda tidur. Sementara makanan berkarbohidrat rendah glisemik bisamengontrol gula darah di malam hari. Berikut beberapa makanan ringan yang dapat dimakan di malam hari dikutip dari Livestrong.

    Biji labu

    Biji labu
    Pixabay/Pixabay

    Meski hari sudah malam, kadang hasrat untuk ngemil seringkali muncul. Namun camilan yang dimakan sebaiknya mengandung nutrisi seperti biji labu. Satu porsi biji labu mengandung hampir 50 persen dari asupan magnesium yang direkomendasikan. Magnesium merupakan mineral penting yang digunakan di lebih dari 300 reaksi dalam tubuh Anda.

    Susu hangat

    Susu hangat telah lama digunakan untuk membantu tidur lebih cepat, sehingga menjadi pilihan tepat untuk diminum di kala kesulitan tertidur di malam hari. Tetapi ingat, meski segelas susu hangat dikatakan bisa membuat relaksasi, efeknya mungkin lebih psikologis daripada fisiologis. Itu karena susu meningkatkan hormon serotonin.

    Blueberry beku

    Blueberry beku mengandung banyak antioksidan bertenaga tinggi seperti berry-berry lainnya. Blueberry adalah salah satu makanan terbaik untuk kesehatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa nutrisi dalam blueberry dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan kesehatan jantung.

    Cokelat hitam 

    Ada perbedaan besar gizi antara cokelat buatan toko dan cokelat hitam cacao. Cokelat hitam tidak memiliki kandungan gula tambahan seperti cokelat tradisional. Cokelat hitam mengandung antioksidan yang telah terbukti menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin, melawan peradangan dan meningkatkan mood.

    Almond

    Studi American Journal of Clinical Nutrition 2012, menemukan bahwa orang yang makan almond kehilangan berat badan selama 18 bulan. Ya, itu karena almond mengandung magnesium tinggi.

    Satu almond (sekitar serempat cangkir) bisa dimakan mentah, dipanggang, atau dibumbui dengan rempah-rempah favorit seperti kari atau bubuk cabai.

    Es krim stroberi dan pisang

    Es krim bisa menjadi makan malam penutup yang lezat. Sebuah alternatif yang bagus untuk es krim tradisional adalah membuatnya dengan pisang beku. Pisang beku tumbuk bisa memberikan konsistensi seperti es krim tanpa tambahan gula, lemak dan kalori.

    Caranya adalah, iris dua pisang dan satu cangkir stroberi. Masukkan ke dalam freezer sampai beku. Setelah beku, masukkan stroberi dan pisang di dalam food processor dengan putaran tinggi sampai berbentuk seperti es krim.

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES