1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Stella Maris    31 Desember 2017 10:10

    Studi: apel dan tomat punya manfaat luar biasa buat mantan perokok

    Studi dilakukan selama lebih dari 10 tahun.

    Feed.merdeka.com - Feed.merdeka.com - Anda sudah mulai pola hidup sehat, salah satunya dengan berhenti merokok? Bagus! Nah bagi mantan perokok menahun, ada penurunan fungsi paru.

    Dikutip laman The Independent, Sabtu 29 Desember 2017 paru-paru yang mengalami penurunan, dapat diperbaiki dan hasilnya sudah diuji dalam sebuah penelitian.

    Pada 2002, para peneliti dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health menganalisis fungsi paru pada 650 orang dewasa di Inggris Raya, Jerman, dan Norwergia.

    Analisis kembali dilakukan pada orang yang sama 10 tahun kemudian. Selain analisis, peserta juga menjawab kuisioner tentang diet dan asupan gizi secara keseluruhan.

    Mereka juga menjalani prosedur pengukuran kapasitas paru-paru ketika mengambil oksigen.

    Bukan hanya itu saja, para peneliti juga menilai dengan melihat usia, tinggi badan, jenis kelamin, indeks massa tubuh, dan stasus sosial ekonomi. Hasil studi dilihat dari aktivitas fisik dan asupan energi total.

    Lalu apa hasilnya? Ternyata para perokok yang dominan mengonsumsi tomat dan buah-buahan seperti apel mengalami penurunan fungsi paru yang lebih lambat.

    "Studi menunjukkan mengonsumsi lebih banyak buah secara teratur dapat memperbaiki kerusakan fungsi paru yang disebabkan karena kebiasaan merokok. Junga membantu memperlambat penurunan fungsi paru seiring bertambahnya usia," kata dr. Vanessa Garcia-Larsen.

     

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES