1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     26 November 2017 10:10

    Hobi beres-beres rumah ternyata bisa bikin panjang umur!

    Kabar bahagia untuk para ibu rumah tangga yang setiap hari harus mengepel lantai, mencuci pakaian dan membereskan rumah yang berantakan.

    Feed.merdeka.com - Bagi sebagian orang melakukan pekerjaan rumah tangga adalah hal yang menyebalkan. Membayangkan menyapu dan mengepel lantai, membuang sampah, hingga mencuci dan menyetrika pakaian saja sudah capek duluan.

    Tapi, ada kabar bahagia bagi para ibu rumah tangga! Tim ilmuwan dari McMaster University di Kanada menemukan bahwa melakukan pekerjaan rumah tangga dapat membuat Anda panjang umur!

    Sebenarnya, melakukan pekerjaan rumah tangga sama menguntungkannya dengan pergi ke gym lho!

    Peserta dalam penelitian ini terdiri dari sekitar 130.000 orang dari berbagai tingkat pendapatan di 17 negara. Pengumpulan data dilakukan selama delapan tahun, dari tahun 2003 sampai 2010 sebelum mereka melaporkan temuan tersebut, seperti dilansir WorldOfBuzz.

    Ditemukan bahwa orang yang berolahraga di gym, berjalan kaki untuk bekerja atau melakukan pekerjaan rumah tangga sebenarnya menikmati manfaat kesehatan yang sama. Sebenarnya, 30 menit aktivitas fisik apapun cukup untuk mengurangi risiko kematian sebesar 28 persen dan penyakit jantung sebesar 20 persen.

    "Berjalan sejauh 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu memiliki manfaat yang besar, dan aktivitas fisik yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah lagi," kata pemimpin peneliti Dr Scott Lear. "Pergi ke gym sangat bagus, tapi kita butuh begitu banyak waktu yang bisa kita habiskan di sana. Jika kita bisa berjalan untuk bekerja, atau pada waktu makan siang, itu akan membantu juga," tambahnya.

    Hal menarik lainnya yang mereka temukan adalah bahwa tidak ada batas atas manfaat kesehatan untuk tetap aktif dan berolahraga; Artinya semakin aktif Anda, semakin sehat Anda akan dapatkan.

    Misalnya, orang yang cepat berjalan selama 750 menit per minggu berhasil menurunkan risiko kematian dini sebesar 36 persen. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang di keanggotaan gym hanya agar tetap sehat.

    Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian, melakukan pekerjaan rumah tangga sederhana seperti menggosok lantai bisa membuat Anda lebih sehat dan akhirnya hidup lebih lama!

     

    FOTO: Mothercitymom.com

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES