1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. E
  6.  » 
  7. ENTERTAINMENT


  8. Reporter :     25 November 2017 13:00

    Disney dituntut, lagu Let It Go diklaim hasil jiplakan?

    Dia menuntut seluruh keuntungan dari film tersebut, yang merupakan salah satu pencapaian terlaris sepanjang masa.

    Feed.merdeka.com - Seorang penyanyi menggugat Disney lantaran dirinya mengklaim bahwa salah satu lagunya dijiplak untuk dijadikan soundtrack film animasi Frozen, 'Let It Go'. Jaime Ciero, penyanyi sekaligus pencipta lagu itu menganggap lagu Let It Go yang sempat jadi hits di seluruh dunia itu menjiplak karyanya.

    Bukan hanya pihak Disney, dia juga menggugat Idina Menzel dan Demi Lovato yang terlibat dalam lagu tersebut, menurut TMZ.

    Dia mengklaim lagu berbahasa Spanyol miliknya yang berjudul Volar menjadi dasar jejak utama lagu fenomena yang meroket di tahun 2013 itu.

    Menurut Jaime, dia merekam lagunya di tahun 2008 dan mengklaim lagunya itu diputar secara global di seluruh dunia.

    Dia mengatakan bahwa lagu karyanya yang asli sukses luar biasa di pasar internasional dan menjangkau jutaan pendengar. Ia pun mengklaim lagu itu mendarat di banyak tangga lagu terpopuler.

    Dalam pengarsipannya, dia mengklaim ada kesamaan yang jelas dalam kombinasi catatan, struktur, melodi, lirik, tema, produksi dan tekstur.

    Dia menuntut seluruh keuntungan dari film tersebut, yang merupakan salah satu pencapaian terlaris sepanjang masa; membuat hampir US$1,3 miliar di box office dari anggaran US$150 juta.

    Lagu Let It Go ditulis oleh pasangan suami dan istri, Kristen Anderson-Lopez dan Robert Lopez.

    Meskipun lagu Volar sudah lima tahun muncul di YouTube, namun jumlah pendengarnya sangat jauh dari Let It Go.

    Bayangkan, hingga saat ini lagu film animasi terbaik itu telah mengantongi 1.249.399.612 penonton.

    Let It Go memenangkan salah satu dari dua Academy Awards di tahun 2014, untuk Best Original Song, yang lainnya adalah Lagu Animasi Terbaik.

    Robert Lopez tercatat sebagai penulis lagu termuda dan yang tercepat-- hanya 12 orang yang pernah meraih EGOT, yakni menyabet penghargaan Emmy, Grammy, Oscar dan Tony sekaligus dalam waktu 10 tahun.

    Penasaran lihat perbedaannya? Lihat videonya yang berikut ini.

    FOTO: frozen.disney.com

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES