1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter :     24 November 2017 14:00

    Mengungkap 6 rahasia orang Jepang bisa panjang umur

    Ternyata orang Jepang hobi karaoke dan itu ada hubungannya dengan umur panjang. Hmm.. menarik!

    Feed.merdeka.com - Bagaimana cara agar bisa hidup dengan umur panjang dan sehat hingga tua? Jawabannya, tinggallah di Jepang.

    Baik pria maupun wanita Jepang secara rutin berada di daftar teratas yang memiliki rentang hidup manusia terpanjang dan paling sehat. Menurut penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang terbaru, wanita Jepang hidup dengan harapan hidup sebesar 87,0 tahun.

    Dan itu tidak semua karena gen. Semua rahasia gaya hidup Jepang, mulai dari rumput laut sampai mendaki gunung hingga ke zen. Jadi meskipun Anda mungkin tidak akan pernah menjadi orang Jepang, Anda tetap bisa hidup lebih seperti mereka.

    Berikut 6 rahasia panjang umur orang Jepang, melansir HuffingtonPost.

    1. Diet makanan laut

    salmon
    © 2017 tannerfish.com/tannerfish.com

    Orang Jepang sangat suka makan ikan. Menurut Dinas Perikanan Laut Nasional, konsumsi makanan laut Jepang adalah 55,7 kilogram per kapita pada tahun. Sangat jauh jika dibandingkan masyarakat Amerika Serikat yang hanya makan 24,2 kilogram. Angka tersebut menempatkan Jepang di enam besar konsumsi makanan laut di antara negara-negara yang lebih besar. Yang sangat penting adalah diet ikan. Ini sangat digalakkan khususnya untuk para generasi muda Jepang.

    Konsumsi ikan menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 36 persen. Lebih mencengangkan lagi, orang-orang tua yang memiliki kadar asam lemak omega-3 lebih tinggi, sebagian besar karena konsumsi ikan berlemak mereka, hidup rata-rata 2,2 tahun lebih lama dibandingkan dengan mereka yang memiliki tingkat lebih rendah. Diet yang berat pada ikan berlemak juga terbukti meningkatkan mood dan mencegah beberapa jenis kanker dan pembengkakan.

    Ilmuwan merekomendasikan makan dua porsi ikan berlemak, seperti tuna atau salmon, setiap minggunya. Untuk hasil terbaik, pastikan Anda merebus, memanggang atau mengukusnya.

    2. Rumput laut

    PBB melaporkan bahwa Jepang mengkonsumsi sekitar 100.000 ton rumput laut per tahun. Dan mereka tidak pilih-pilih. Orang Jepang menggunakan lebih dari 20 spesies laut dalam masakan mereka. Sebenarnya, penduduk pulau paling selatan Jepang di Okinawa, yang dikenal dengan peternakan centenarian, makan rumput laut lebih banyak daripada di tempat lain di dunia.

    Rumput laut dikemas antara 2 dan 9 gram protein per cangkir, dan beberapa varietas memberikan potassium lebih banyak daripada pisang. Ini juga makanan langka mengandung yodium alami. Selain itu, periset Harvard berteori bahwa kemampuan rumput laut untuk mengatur kadar estrogen dan estriadol dapat menekan risiko kanker payudara.

    3. Hobi karaoke

    Karaoke di jepang
    © 2017 Time Magazine/Time Magazine

    Para wisatawan mungkin terkejut dengan betapa lazimnya karaoke di Jepang, karena ada di mana-mana. Pada tahun 2010, industri karaoke Jepang meraup lebih dari US$10 miliar. Rantai karaoke terbesar, Big Echo, beroperasi di 229 lokasi di seluruh negeri.

    Nah, inilah kabar baik bagi semua orang yang hobi menyanyi di luar sana: Karaoke bagus untukmu. Dalam sebuah penelitian di tahun 2009 terhadap hampir 20.000 pria, periset dari Sekolah Pascasarjana Universitas Ehime dan Universitas Osaka menemukan bahwa minum sambil karaoke bersama teman meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Mengutip penulis penelitian ini: "Penyanyi menggunakan pernapasan dalam, yang bagus untuk sistem saraf. Setelah bernyanyi, mereka biasanya mendapat tepuk tangan. Ini adalah jenis dukungan sosial yang baik, dan membantu dalam menghadapi kejadian buruk atau peristiwa yang penuh tekanan. "

    Selanjutnya >>> Mandi di Pemandian Umum 

     

    FOTO: correspondentasian.com

    Orang Jepang suka berendam air panas

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES