1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     23 November 2017 19:30

    Atasi kanker hingga turunkan gula darah, ini segudang khasiat daun pandan

    Tidak banyak yang mengetahui bahwa daun pandan memiliki manfaat bagi kesehatan.

    Feed.merdeka.com - Selama ini sebagian besar orang masih mempercayakan obat-obatan medis untuk penyembuhan dan menjaga tubuh dari penyakit. Sebenarnya, ada begitu banyak sumber dari alam yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Salah satunya adalah daun pandan.

    Daun ini cukup mudah ditemui. Tidak sedikit orang yang menanamnya di rumah. Daun pandan memiliki aroma yang sedap, sehingga sangat diandalkan untuk pengharum masakan. Tetapi tidak banyak yang mengetahui bahwa daun pandan memiliki manfaat bagi kesehatan.

    Dengan kandungan tanin, glikosida, dan alkaloid di dalamnya, berikut sejumlah manfaat daun pandan seperti dikutip dari hellosehat.com.

    Turunkan kadar gula darah

    Sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Pharmacognosy Magazine membuktikan bahwa ekstrak daun pandan mampu mengurangi gula darah postprandial (pemeriksaan gula darah tanpa puasa terlebih dahulu).

    Ekstrak daun pandan juga mampu mendorong produksi insulin pada sel-sel pankreas. Secara umum, daun pandan memiliki potensi sebagai sumber alami antihiperglikemik.

    Atasi kanker

    Menurut penelitian yang dilakukan tahun 2014, ekstrak akar dan daun pandan memiliki efek sitotoksik, antimitotik, antiproliferatif dan apoptosis. Semua efek ini baik untuk mencegah atau menghentikan pertumbuhan kanker.

    Karena itu, pandan memang memiliki potensi untuk digunakan dalam terapi kanker, seperti yang telah digunakan sebelumnya dalam waktu yang lama secara tradisional.

    Menetralkan racun

    Tidak hanya air kelapa hijau yang mampu menghilangkan atau menetralkan racun, tetapi teh daun pandan pun bisa. Daun pandan sangat efektif untuk detoksifikasi tubuh, terutama organ hati.

    Tak hanya menetralkan, daun ini juga membantu melepaskan racun dan kotoran dari tubuh. Daun pandan bermanfaat sebagai pencahar ringan dan benar-benar aman, serta bisa dianjurkan untuk anak-anak.

    Rematik

    Rematik adalah penyakit yang menyebabkan radang, dan kemudian mengakibatkan rasa nyeri, kaku, dan bengkak pada sendi. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan autoimun. Yang paling sering terkena yaitu tangan, pergelangan tangan, kaki dan lutut.

    Beberapa orang menggunakan daun pandan untuk mengatasi rematik. Caranya dengan merebus daun pandan segar dengan minyak kelapa, diaduk hingga merata. Setelah dingin, gunakan olahan daun pandan ini sebagai obat gosok untuk dioles pada bagian yang rematik.

    Redakan nyeri

    Daun pandan mengandung sifat analgetik yang bisa bertindak sebagai pereda nyeri sakit kepala, nyeri dada, dan arthritis. Anda bisa minum teh pandan dua kali sehari untuk meredakan nyeri. Daun pandan juga memiliki kemampuan untuk mengurangi keram perut.

    Tumpas ketombe dan rambut rontok

    Ketombe adalah kondisi kulit kepala kronis yang menyebabkan serpihan kulit kepala mati. Ketombe membuat kepala menjadi gatal dan bisa merusak kesehatan rambut.

    Sedangkan rambut rontok bisa karena faktor keturunan, perubahan hormon, kondisi medis, atau obat-obatan.

    Ada berbagai penyebab kerontokan rambut. Rambut rontok dapat terjadi secara mendadak atau bertahap.

    Kondisi ini bisa diobati salah satunya dengan daun pandan. Cara pemakaiannya dengan menjadikan daun pandan sebagai masker rambut. Tumbuk halus daun pandan lalu tambahkan air, aduk hingga rata. Oleskan pada rambut dan pijat kulit kepala dengan lembut. Diamkan beberapa menit dan cuci rambut hingga bersih. (poy)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES