1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter :     30 Januari 2018 12:00

    Awas! Ini daftar makanan sehat yang beracun dan berbahaya

    Lebih baik Anda tidak mengonsumsi makanan ini dalam keadaan mentah.

    Feed.merdeka.com - Makanan, terutama sayur dan buah, memiliki kandungan nutrisi tertinggi saat mentah. Beberapa bahkan cocok dijadikan salad.

    Namun, ada beberapa bahan makanan yang sebetulnya menyimpan potensi negatif jika dikonsumsi mentah. Alih-alih sehat, makanan mentah ini malah bikin sakit di masa mendatang.

    Apa sajakah makanan itu? Berikut daftarnya seperti dikutip dari laman Boldsky:

    1. Kentang
    Salah satu sumber karbohidrat ini kadang dimasak sebagai 'sayur.'

    Jika dimakan mentah, kentang malah akan menimbulkan gas, mengganggu sistem pencernaan, sakit kepala, hingga mual. Sebab, kentang mentah mengandung solanine yang beracun bagi tubuh.

    Jadi, pastikan memasak kentang hingga matang sebelum mengonsumsinya. Anda bisa merebus, menggoreng, atau mengukusnya untuk menghilangkan racun tersebut.

    2. Kacang merah
    Kacang banyak mengandung protein dan kaya antioksidan. Manfaat baik bagi tubuh itu bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya setelah dimasak.

    Kacang mentah malah menimbulkan sejumlah gangguan pada tubuh, mulai dari mual, muntah, masalah pencernaah, hingga diare.

    3. Madu
    Anda mungkin biasa mendapatkan cairan manis ini dengan membelinya di toko. Madu-madu yang sudah beredar di pasaran itu sudah aman konsumsi karena sudah dipasteurisasi.

    Namun, Anda yang mendapatkan madu alami langsung dari penangkarannya wajib waspada karena madu organik itu biasanya belum dipasteurisasi dan masih mentah.

    Madu mentah mengandung enzim grayanotoxin yang bisa membuat Anda keracunan. Salah satu indikasi keracunan enzim ini adalah merasa pusing.

    4. Susu
    Sama seperti madu, susu biasanya kita peroleh dari toko. Susu tersebut sudah aman konsumsi karena biasanya sudah dipasteurisasi.

    Nah, bagi Anda yang memiliki sapi, mungkin cenderung akan mengonsumsi susu mentah. Anda harus mewaspadai bakteri sangat merugikan, seperti E. coli, salmonella, dan lainnya.

    Dalam kasus berat, keberadaan mikroba-mikroba itu dalam tubuh bisa mengancam nyawa.

    NEXT: Brokoli

    FOTO: Ilustrasi kentang (Potatoes.com)

     

    Brokoli dan telur

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES