1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     29 Januari 2018 16:02

    Hii.. ada cacing pita sepanjang 2,8 meter di tubuh pria ini

    Ternyata cacing pita itu hidup di dalam tubuh lantaran pasien ini gemar makan sashimi.

    Feed.merdeka.com - Periksa makanan Anda dengan benar sebelum Anda memakannya. Makanan mentah atau setengah mentah memiliki potensi menyimpan penyakit dan parasit yang tidak disadari dapat masuk ke dalam tubuh Anda.

    Sebuah laporan yang dilansir oleh Straits Times menyatakan bahwa seorang pria menemukan bahwa di dalam tubuhnya terdapat cacing pita sepanjang 2,8 meter dan dia sama sekali tidak mengetahuinya. Dia mengaku sama sekali tidak menunjukkan gejala apa pun bahwa parasit itu ada di tubuhnya.

    Dalam gambar yang diambil oleh Departemen Mikrobiologi Rumah Sakit Umum Singapura (SGH), ukuran cacing itu setidaknya satu setengah kali tinggi pasien. Ahli penyakit menular Hsu Li Yang mengatakan bahwa kejadian tersebut terjadi pada tahun 2016, saat pria tersebut terjangkit cacing pita setelah makan makanan laut mentah atau kurang matang.

    "Pasien agak ngeri saat melihat cacing itu mati melalui rektum. Pertanyaannya adalah kenapa ada cacing pita itu, yang juga akan membantu menjawab bagaimana pasien mendapatkan cacing tersebut," tambahnya. Tidak ada parasit manusia lainnya yang mampu tumbuh sedemikian lama di dalam tubuh kecuali cacing pita.

    Departemen Mikrobiologi SGH mengatakan bahwa cacing pita berukuran 2,8 meter kemungkinan besar berasal dari ikan air tawar mentah atau kurang matang, setelah pemeriksaan lebih lanjut. Tidak mudah mendeteksi kista parasit pada daging ikan dengan menggunakan mata telanjang dan biasanya hanya koki sushi berpengalaman dan suplier ikan yang mampu melakukannya.

    Namun, dokter mengatakan bahwa tidak perlu khawatir mengkonsumsi sashimi bahkan saat kita menempatkan makanan laut mentah di beberapa perayaan khusus. Dr Leong Hoe Nam, seorang dokter penyakit menular di Rumah Sakit Mount Elizabeth Novena mengatakan hindari makan makanan mentah, seperti ikan mentah saat kekebalan tubuh Anda sedang tidak baik.

    Sebelumnya pada awal Januari, seorang pria berusia 30 tahun di Amerika Serikat kedapatan memiliki cacing pita berukuran 1,6 meter di dalam tubuhnya selama satu tahun karena dia memiliki kebiasaan makan salmon sashimi hampir setiap hari. Dia mengira bahwa isi perutnya keluar saat dia menemukan cacing pita tergantung dari bagian belakangnya dan dia harus terus menariknya untuk mengeluarkannya. Itu masih hidup dan bergerak setelah dia mengekstraknya. Mengerikan!

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES